alexametrics

Kanpel Batam Siapkan Tim Khusus Awasi Pungli

19 Desember 2018, 14:45:35 WIB

JawaPos.com – Pungutan liar (Pungli) mendapat perhatian serius dari Kantor Pelabuhan (Kanpel) Klas 1 Batam. Terutama selama libur Natal dan Tahun Baru 2019. Sebagai langkah antisipasi, tim khusus yang akan mengawasi praktik pungli telah disiapkan.

Teknisnya, tim khusus akan berada di setiap pos. Mereka akan mengawasi pegawai-pegawai yang mungkin bermain atau memanfaatkan ramainya saat musim libur.

Kepala Kanpel Klas 1 Batam Capten Barlet menegaskan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak akan memberi ruang kepada pegawai-pegawai yang melakukan pelanggaran sehingga merugikan masyarakat. “Kementerian tidak lagi mentoleransi adanya pungli. Pengawasan kami langsung di setiap posko ada tim sendiri,” kata Barlet di Batam, Rabu (19/12).

Kebijakan yang dijalankan adalah upaya pemerintah dalam memberikan kenyamanan kpada masyarakat. Terlebih saat ini terjadi peningkatan jumlah pemudik. Berdasarkan data Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, tahun ini akan terjadi peningkatan jumlah pemudik sebesar 3,49 persen. Artinya ada kenaikan 37.564 pemudik melalui jalur laut dibanding periode sama tahun lalu

Dirjen Perhubungan Laut telah menyiagakan sebanyak 1.293 kapal untuk melayani sekitar 3,4 juta penumpang. Pengoperasiannya sejak Selasa (18/12) lalu hingga Selasa (8/1) mendatang. Kemenhub juga melakukan uji petik guna memastikan pelayanan terhadap masyarakat bisa berjalan optimal.

“Pesan dari Pak Dirjen (Dirjen Perhubungan Laut) untuk memberikan kerja optimal dalam mengawal angkutan Natal dan Tahun Baru. Perhatikan kebutuhan masyarakat. Baik di pelabuhan maupun di kapal. Itu akan kami laksanakan,” tegas Barlet.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (bbi/JPC)



Close Ads
Kanpel Batam Siapkan Tim Khusus Awasi Pungli