alexametrics

Jalan Ambles di Surabaya, Menteri PUPR: Harus Ada yang Tanggung Jawab

19 Desember 2018, 16:23:40 WIB

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan harus ada pihak yang bertanggung jawab terkait amblesnya Jalan Raya Gubeng di Kota Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (18/12) malam. Namun sebelum mendapatkan penyebab dan sanksinya, Pemerintah harus memprioritaskan untuk kembali memfungsikan jalan utama tersebut.

Demikian diungkapkan oleh Basuki ketika ditemui di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu (19/12). “Pasti ada yang harus tanggung jawab. Tapi kami utamakan memfungsikan jalan dulu, kalau penyebabnya dan siapa yang bertanggung jawab pasti jalan terus,” kata dia.

Dijelaskannya, di bawah Kementeriannya ada beberapa komite. Diantaranya komite keselamatan kerja, komite keamanan jembatan, pagar, dan terowongan jalan. Kemudian ada komite keselamatan konstruksi yang seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Jalan Gubeng Ambles
Kondisi Jalan Raya Gubeng Surabaya setelah ambles (dok. Ganang Aditama for JawaPos.com)

“Kalau ada kecelakaan ini seperti KNKT (Komite keselamatan konstruksi) terjun ke situ. Sanksinya bagaimana nanti menunggu rekomendasi dari komite ini,” katanya.

Untuk kembali memfungsikan jalan itu, menurutnya tak akan lama. Terlebih, jalan tersebut berada di perkiraan. “Mohon maaf saya belum ke lapangan, tapi melihat itu di kota saya kira nggak lama,” katanya.

Di lokasi yang sama, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto menambahkan, pihaknya sudah menurunkan tim geoteknik jalan, tim balai jalan dan beberapa petugas untuk menyikapi peristiwa amblesnya jalan itu. “Kami punya SOP (Standar Operasional Prosedur) respons penyediaan infrastruktur. Semoga tidak terlalu lama, 3-5 hari bisa berfungsi kembali meski belum permanen,” kata dia.

Dari laporan awal yang diterimanya, ada dinding penahan di Rumah Sakit Siloam tergerus. Kemudian mengakibatkan konsolidasi tanah. “Ada pembangunan di sekitar situ, pembangunan basement rumah sakit. Sehingga mempengaruhi kondisi tanah yang sudah konsolidasi dan sudah padat di bawah badan jalan. Sehingga terjadilah secara tidak langsung konsolidasi ke bawah. Inilah dalam bahasa yang kita dengar di media, ambles,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jalan Ambles di Surabaya, Menteri PUPR: Harus Ada yang Tanggung Jawab