JawaPos Radar

Tiga Kabupaten di Sumut Ini Berpotensi Marak Pelanggaran Pilkada

19/12/2017, 13:03 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pilgub Sumut
ILUSTRASI (dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dari 8 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, tiga diantaranya perlu diwaspadai sewaktu pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Ketiga daerah itu yakni Kabupaten Dairi, Langkat dan Batubara. Menurut Anggota Bawaslu Sumut, Aulia Andri, ketiga Kabupaten diatas rawan atau mempunyai potensi pelanggaran tinggi dalam pelaksanaan Pilkada.

"Bawaslu sudah menyusun indeks kerawanan Pemilu. Untuk Sumut kategori rawan sedang. Pilkada dianggap paling rawan itu di Dairi," katanya, Selasa (19/12).

Aulia mengatakan, indeks kerawanan di tiga kabupaten diatas tinggi lantaran mengacu pada data penyelenggaraan Pemilihan sebelumnya. "Dairi dianggap rawan, pengalaman sebelumnya ada laporan money politic. Pengaduan masyarakat dan lain sebagainya," terangnya.

Guna menghindari adanya gesekan sewaktu pelaksanaan Pilkada, pihaknya memberikan perhatian ekstra terhadap sejumlah daerah. Termasuk tiga Kabupaen di atas. Hal tersebut diperlukan guna pencegahan terjadinya kecurangan.

"Kita melakukan sosialiasi, pertemuan tokoh politik dan juga masyarakat agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan lancar," jelasnya.

Terakhir sebagai antisipasi dari segi keamanan, pihaknya akan berkoordinasi dengan TNI/Polri dalam pelaksanaan Pilkada serentak nanti agar berjalan aman dan nyaman.

Perlu diketahui, 8 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak di Sumut adalah Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Dairi, Batubara dan Kota Padangsidempuan.

(bew/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up