alexametrics

Pascagempa, Ini Sejumlah Tempat di Lombok yang Bisa Dikunjungi

19 November 2018, 11:04:10 WIB

JawaPos.com – Wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi perbincangan pascagempa yang mengguncang hingga 7,0 skala richter (SR) beberapa bulan lalu. Kini Lombok tengah berbenah dan mulai bangkit.

Pemerintah pun mulai menggelar beberapa kegiatan bertaraf nasional maupun internasional di Lombok. Tujuannya untuk menarik kembali kunjungan wisatawan yang sempat menurun pasca gempa. 

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziyani mengatakan pascagempa sekiranya sudah ada 29 kegiatan yang dilaksanakan di sana. Dari jumlah tersebut, delapan diantaranya merupakan kegiatan yang sifatnya internasional.

Pascagempa, Ini Sejumlah Tempat di Lombok yang Bisa Dikunjungi
Tak hanya tempat wisata, beberapa penginapan pun dikategorikan aman sebagai tempat peristirahatan saat melancong ke Lombok (Siti Fatonah/JawaPos.com)

Kegiatan itu digelar oleh beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Korea dan lainnya. Hal itu membuktikan bahwa saat ini Lombok sudah siap untuk menerima kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Lombok itu sudah bangkit, sudah jalan, dan bisa menarik wisatawan lagi,” kata Ricky saat acara Famtrip dan Business Gathering di Hotel Aston, Lombok, Sabtu (17/11) malam.

Ia menyebut gempa tidak mengguncang seluruh wilayah di Lombok. Lokasi terparah adalah di Lombok Utara. Guncangan 7 SR itu telah meratakan bangunan di sana. Namun perlu diketahui, tidak semua wilayah hancur, karena masih banyak wilayah yang tidak terdampak.

“Jadi Lombok itu sudah bangkit, kami nikmati atur strategi apa yang akan harus dilakukan (untuk kembali meyakinkan wisatawan untuk datang ke Lombok),” ungkapnya.

Sebab, pascagempa wisatawan yang berkunjung ke Lombok menurun sangat drastis. Tempat wisata hingga penginapan di sana begitu mendapati imbas dari ketakutan masyarakat untuk mendatangi Lombok. Padahal masih banyak destinasi atau perhotelan yang aman dan nyaman untuk dikunjungi.

“Wilayah NTB ada dua destinasi yakni yang terdampak dan tidak terdampak. Yang kami jual adalah destinasi yang tidak terdampak,” ungkapnya.

Salah satu cara yang dilakukan Kemenpar yakni dengan menggelar Famtrip. Kegiatan digelar selama tiga hari yakni pada 16-18 November 2018. Panitia mengajak peserta untuk melihat indahnya Lombok yang tidak terdampak. Diantaranya Pantai Mandalika, Kuta Lombok, Tanjung Aan, Bukit Merese. Begitu pun Gili Nanggu, Sudak, serta Kedis.

Tak hanya tempat wisata, beberapa penginapan pun dikategorikan aman sebagai tempat peristirahatan saat melancong ke Lombok. Salah satunya Hotel Golden Palace yang sempat dikabarkan terkena dampak gempa dengan viralnya sebuah unggahan di Youtube.

Pada kenyataanya hotel ini tidak begitu terdampak. Hanya ada retakan kecil di tembok hotel. Kaca dan fasilitas lainnya sama sekali tidak ada kerusakan.

Maka Kemenpar dan Pemerintah menyatakan bahwa Lombok sudah bangkit, juga aman untuk dikunjungi untuk berbagai kegiatan.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Pascagempa, Ini Sejumlah Tempat di Lombok yang Bisa Dikunjungi