alexametrics

Pembangunan Berkelanjutan, Pemerintah Butuh Swasta dan Masyarakat

19 Oktober 2018, 07:46:16 WIB

JawaPos.com – Pemprov Sumatera Utara mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya perusahaan swasta yang memiliki alokasi dana CSR untuk berperan aktif dalam menyukseskan program  pembangunan berkesinambungan.

“Kolaborasi dari pihak swasta sangat dibutuhkan pemerintah untuk menyukseskan pembangunan berkelanjutan,” ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dalam keterangannya di Medan, Kamis (18/10).

Berbicara di seminar nasional Membangun Kemitraan yang Berkelanjutan untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang digagas oleh PTTEP Indonesia dan MM – Sustainability Universitas Trisakti ini, Musa mengingatkan kolaborasi itu sangat penting untuk terus dilanjutkan.

Menurutnya, Pemprov Sumut tengah berupaya menyusun dan merencanakan program-program yang berkelanjutan jangka panjang. “SDGs atau yang juga dikenal dengan pembangunan berkelanjutan dikordinir Bappenas dan didelegasikan pada tiap-tiap Bappeda. Tapi isu-isu ini belum familiar di tengah masyarakat,” ujar Musa Rajeshah.

Ia mengingatkan bahwa membangun kemitraan guna mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan tidak dapat tercapai jika hanya datang dari pemerintah dan swasta, tetapi juga masyarakat. “Mereka yang akan merasakan dampak langsung dari hasil pembangunan berkelanjutan. Karena itu sangatlah penting agar masyarakat di sadarkan akan isu ini,” katanya.

Wagub Sumut mengajak perusahaan-perusahaan swasta agar terus membangun CSR. “CSR tidak selalu harus dalam bentuk dana, namun bisa dalam bentuk fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat, seperti rumah sakit, sekolah dan lain-lain, agar dapat terciptanya dampak yang berkelanjutan.

General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Bapak Afiat Djajanegara dalam kesempatan yang sama mengatakan pihaknya mendengar ajakan Pemerintah untuk bersama-sama membantu Indonesia menjaga komitmen guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (ask/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads
Pembangunan Berkelanjutan, Pemerintah  Butuh Swasta dan Masyarakat