JawaPos Radar

Kunjungi Bangkalan, Ma'ruf Amin: Saya Keturunan Raja-raja Madura

19/10/2018, 19:59 WIB | Editor: Dida Tenola
Kunjungi Bangkalan, Ma'ruf Amin: Saya Keturunan Raja-raja Madura
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Machfud Arifin yang menyambut kedatangan Ma'ruf Amin di Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin, Bangkalan, Madura, Jumat (19/10) (Istimewa)
Share this

JawaPos.com- Cawapres Ma'ruf Amin kembali melakukan safari politik ke Jawa Timur, Jumat (19/10). Kali ini, Ma'ruf mengunjungi Pesantren Hidayatulloh Al-Muhajirin, Bangkalan, Madura.

Ma’ruf Amin tampak didampingi istrinya, Wuri Estu Handayani. Setibanya di sana, mantan Ketua Umum MUI itu langsung disambut Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin dan para santri. 

Ma'ruf berbicara banyak hal di hadapan santri pondok pesantren tersebut. Satu hal yang banyak dilontarkan Ma'ruf adalah kecintaannya terhadap Bangkalan, Madura. 

Ma'ruf mengatakan, tidak akan melupakan Madura. Dirinya punya alasan mengapa rasa cintanya terhadap pulau garam begitu besar.

Mantan Rais Aam PBNU itu mengaku punya darah Madura. "Saya keturunan Madura," ujarnya.

Dia menuturkan bahwa leluhur dari kalangan raja-raja di Madura masa lalu. Mulai dari Kiai Demang Plakaran, hingga kakek-kakek buyutnya. "Lalu cucu beliau yang di Pamekasan kemudian diperistri Raja Sumedang Larang yang kemudian diberi gelar Nyai Ratu Harisbaya yang diambil dari Arosbaya. Dari sana kemudian lahir mbah-mbah saya," cerita Ma’ruf.

Sementara itu Ketua TKD Jawa Timur Machfud Arifin menerangkan, Ma’ruf Amin sangat mengenal budaya lokal Madura. Apalagi budaya pesantren juga sangat kental di Madura.

Oleh sebab itu, kunjungan Ma'ruf ke Madura adalah wujud silaturahmi awal. Machfud mengatakan sudah menyiapkan sejumlah agenda kunjungan lain di seluruh kabupaten di Madura.

"Dengan silaturahmi ini, kami makin yakin bisa memenangkan Pak Jokowi dan KH Maruf di Madura dan Jatim secara umum," jelas mantan Kapolda Jatim itu.

 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up