alexametrics

Gaji di Bawah UMP Tapi Mau Dapat Rumah DP 0 Rupiah, Begini Caranya

19 Oktober 2018, 12:18:55 WIB

JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta sudah meluncurkan hunian DP 0 Rupiah pada Jumat (12/10) lalu sebagai pemenuhan janji kampanye. Jika sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan hunian tersebut bukan untuk warga dengan penghasilan di bawah upah minimum provinsi (UMP), namun kini berbeda lagi.

Menurut Anies, bagi warga Jakarta berpenghasilan di bawah UMP pun dapat ikut berpartisipasi dalam program ini. Namun, jatahnya dapat dikatakan sewa bukan hak milik. Sementara jika warga dengan pendapatan mencapai Rp 4 juta hingga Rp 7 juta baru bisa memiliki hunian dengan tagline Solusi Rumah Warga (Samawa) itu.

“Sewa, itu bukan barang baru kok. Sama lah seperti dulu saya cerita DP 0 Rupiah, tahun lalu juga ramai, betul nggak? Nyatanya possible,” jelasnya di Jakarta, Jumat (19/10).

Gaji di Bawah UMP Tapi Mau Dapat Rumah DP 0 Rupiah, Begini Caranya
Infografis Rumah DP 0 Rupiah (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Anies menyarankan bagi warga yang berpenghasilan di bawah UMP bisa memulai dengan berwirausaha. Sehingga, bisa meningkatkan pendapatannya untuk mencicil hunian DP 0 Rupiah tersebut. 

“Mereka yang statusnya di bawah UMP maka kewirausahaan ditumbuhkan, sehingga mereka bisa memiliki penghasilan yang lebih tinggi. Jadi, mereka bisa masuk program DP 0 rupiah,” ungkapnya.

Dirinya ingin warga Jakarta dapat naik kelas dan mandiri dalam mengurusi hidupnya. Sehingga ke depan banyak masyarakat yang memiliki hunian yang layak dan tidak menderita lagi.

“Kami justru ingin lebih banyak lagi warga yang bisa naik kelas, artinya begitu mereka hari ini statusnya UMP atau di bawahnya, enterpreneurship ditumbuhkan, mereka bisa memiliki penghasilan yang lebih tinggi dan bisa masuk program DP 0 Rupiah,” ujarnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ce1/rgm/JPC)



Close Ads
Gaji di Bawah UMP Tapi Mau Dapat Rumah DP 0 Rupiah, Begini Caranya