JawaPos Radar | Iklan Jitu

UI Bekali Warga Binaan Lapas Cikarang Keterampilan Wirausaha

19 September 2018, 21:15:57 WIB | Editor: Imam Solehudin
Lapas Cikarang
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan civitas akademis Pendidikan Vokasi UI di Lapas III Cilampayan, Desa Pasir Tanjung, Cikarang, Kabupaten Bekasi. (Ist/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Universitas Indonesia (UI) melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademis Pendidikan Vokasi UI, membekali warga binaan lembaga Pemasyarakatan (Lapas) III Cilampayan. Lokasinya di Desa Pasir Tanjung, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Mereka dibekali beragam keterampilan. Kegiatan yang mengedepankan aspek teknologi ini diharapkan bisa menjadikan warga binaan sebagai wirausaha setelah bebas dari Lapas.

Program Pengabdian Masyarakat ini diketuai dosen tetap Pendidikan Vokasi UI, Rahmi Setiawati.

Rahmi mengatakan, hingga kini stigma masyarakat terhadap mantan narapidana (napi) masih negatif. Sehingga ketika mereka keluar dari Lapas tetap sulit untuk mencari pekerjaan.

Untuk itu, diperlukan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang wirausaha. Adapun jenis keterampilan yang diberikan kepada warga binaan antara lain produksi pembuatan roti, produksi pembuatan kaligrafi dan cendramata, produksi bahan dari plastik hasil kerja sama dengan PT Glori Karsa Abadi, dan pembuatan keset dari bahan perca.

"Lapas sebagai tempat pembinaan tidak hanya memberikan kontribusi dari segi keterampilan tetapi harus mampu menciptakan wirausaha dari mantan narapidana” Kata Rahmi Setiawati, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/9).

Menurut Rahmi, peran Lapas mampu menciptakan wirausaha bagi warga binaan masyarakat pasca bebas. Sebab ketika berstatus warga binaan pemasyarakatan sudah diberikan keterampilan untuk meningkatkan kapasitasnya, memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk-produk hasil karyanya, yang bisa dikembangkan dan berkelanjutan.

Dengan demikian perlu dipertimbangkan bagaimana sistem yang terbentuk. "Mulai dari hulu hingga ke hilir, yaitu mulai dari produksi yang memiliki daya saing hingga pemasaraan," pungkasnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up