JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pemohon Bingung, SKCK Masih Dibutuhkan Untuk Daftar CPNS?

19 September 2018, 20:43:26 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Pemohon Bingung, SKCK Masih Dibutuhkan Untuk Daftar CPNS?
Layanan SKCK di Mapolres Jakarta Timur dibatasi. (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai dibuka hari ini Rabu (19/9). Hal itu berpengaruh terhadap permintaan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Seperti yang terlihat di Mapolsek Jakarta Timur, Jalan Matraman Raya, Jatinegara.

Salah satu pemohon SKCK Mochammad Ersa, 23, warga Cibubur, Jakarta Timur menyatakan masih bingung terkait SKCK yang notabene menjadi persyaratan CPNS itu, dibutuh kan atau tidak. Pasalnya dia mengacu pada kerabatnya saat diwawancara salah satu stasiun televisi yang mengatakan SKCK tidak dibutuhkan dalam proses pendaftaran.

"Intinya masih bingung diperlukan atau tidak SKCK ini, karena masih simpang siur. Soalnya teman saya kemarin nonton berita di televisi katanya nggak dibutuhkan," ujar Ersa pada JawaPos.com, Rabu (19/9).

Lebih jauh Ersa mengungkapkan, proses pembuatan SKCK saat ini terbilang cukup mudah. Sehingga dia memilih datang langsung tanpa mendaftar via website untuk membuat SKCK karena membutuhkan sidik jari.

"Lebih mudah karena tidak perlu pengantar dari RT/RW kalo sekarang. Dulu harus pakai kartu kuning, sekarang nggak perlu. Saya pilih manual karena harus pakai sidik jari kan," ungkap Ersa.

Sementara itu, Mohammad Ersa juga mengaku sejak pagi telah mengantre untuk pembuatan SKCK. Meski telah datang pagi dirinya mendapatkan nomor urut 311. Karena memang pemohon SKCK yang cukup tinggi.

"Lelah, saya dapat antrean dengan nomor urut 311, padahal saya sudah berangkat dari rumah jam 06.30 WIB. Saya mengantre dari jam 08.00 WIB pagi tadi," ungkap Ersa

Ersa menambahkan jumlah pemohon SKCK di Polres Jakarta Timur dibatasi. Dalam sehari hanya melayani 500 pemohon saja dengan biaya Rp 30 ribu. "Biaya Rp 30 ribu pas saya googling ternyata benar untuk pendapatan negara yang diakomodir bank BRI," tutup pria itu.

(dik/JPC)

Alur Cerita Berita

25.906 Pelamar Penuhi Syarat Jadi CPNS DKI 19 September 2018, 20:43:26 WIB
Pendaftaran CPNS Terancam Diundur? 19 September 2018, 20:43:26 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up