JawaPos Radar

Tarik Minat Wisatawan Lewat Festival Mobil Hias

19/08/2018, 15:17 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Tarik Minat Wisatawan Lewat Festival Mobil Hias
Festival Kendaraan Hias 2018 dengan tema Malang Guyub Indonesia Satu digelar di halaman Balaikota Malang, Minggu (19/8). (Fiska Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Beragam kendaraan hias memeriahkan Festival Kendaraan Hias Tahun 2018 dengan tema Malang Guyub Indonesia Satu di halaman Balaikota Malang, Minggu (19/8). Festival tersebut digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 RI.

Festival tersebut diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Selain itu juga beberapa kecamatan dan kelurahan, instansi pendidikan, dan juga perhotelan.

Para peserta festival menampilkan potensi yang dimiliki masing-masing dan dikemas secara menarik melalui tampilan mobilnya. Salah satu contohnya, Kelurahan Kebonsari yang menyulap mobil dengan bentuk buah salak. Hal itu menandakan jika buah salak merupakan produk paling potensial, yakni biasa disebut kalas kacuk (salak kacuk, dalam bahasa malangan).

Masyarakat pun berkerumum di sisi kanan kiri jalan untuk menyaksikan festival. Sebagian warga bahkan ada yang merangsek ke tengah jalan hanya demi mengambil foto.

Rute pawai kendaraan hias tersebut di mulai dari start Balaikota Malang - jalan Kahuripan - Rajabally - jalan Semeru - dan finish di depan Kantor Perpustakaan Kota Malang, di jalan Ijen.

Plt Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke - 73 ini diharapkan tak hanya dirayakan dengan sukacita saja. Namun, yang terpenting memaknai esensi HUT Kemerdekaan itu sendiri, yakni mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk mencapainya, tentu semua elemen masyarakat harus bahu membahu, gotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan serta meningkatkan kerjasama di segala bidang kehidupan demi terciptanya kemajuan bangsa dan negara," ujarnya di sela-sela acara, Minggu (19/8).

Dia menyampaikan, raihan prestasi yang diperoleh Kota Malang selama ini merupakan bukti nyata dari kerjasama seluruh komponen masyarakat yang secara sukarela ikut berpartisipasi dalam setiap program pembangunan. Salah satunya keikutsertaan pada kegiatan kendaraan hias yang terselenggara pada hari ini.

"Melalui kegiatan ini, lanjut Sutiaji, saya berharap dapat memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat Kota Malang, agar senantiasa ikut berperan serta memajukan kota tercinta ini," kata dia.

Dia juga berharap, pawai kendaraan hias ini menjadi salah satu wahana bagi tumbuh kembangnya kreatifitas dan potensi di bidang seni, budaya dan pariwisata. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata domestik maupun manca negara.

"Karena secara fisik, Kota Malang memang relatif sedikit memiliki objek wisata alam, sehingga kami perlu terus menggali ide-ide dan membuat terobosan baru yang harus diwujudkan dalam sebuah karya nyata yang mampu menguatkan branding city yakni Beautiful Malang," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta bangsa dalam rangka mewujudkan suksesnya pembangunan di Kota Malang menuju Malang sebagai Kota yang Bermartabat.

"Selain itu, pelaksanaan wisata event ini juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke Kota Malang," ujar Ida Ayu.

Dengan mengambil tema "Malang Guyub Indonesia Satu", lanjut dia, dimaksudkan bahwa karakteristik masyarakat Kota Malang yang heterogen diharapkan dapat bekerja sama membangun Kota Malang.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini meliputi 110 kendaraan hias, 135 peserta sepeda hias tingkat SMP dan 30 kendaraan hias tingkat SMK.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up