JawaPos Radar

Petani Bengalon Pesta Panen Tomat dan Timun

19/08/2018, 05:30 WIB | Editor: Estu Suryowati
Petani Bengalon Pesta Panen Tomat dan Timun
Bupati Kutim Ismunandar saat mengikuti pesta panen tomat dan timun bersama petani di Bengalon, Sangatta. (Jani for Bontang Post/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Petani Desa Sepaso Barat, Kecamatan Bengalon menggelar pesta panen timun dan tomat, pada Rabu (15/8). Pesta tersebut turut dihadiri Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar.

Selain pesta panen, dalam kesempatan tersebut dilakukan juga penyerahan sejumlah pertanian kepada kelompok Tani Aneka Karya.  Ismunandar menuturkan, kini para petani Kutim semakin semangat mengembangkan berbagai jenis komoditas pertanian.

Variasi tersebut tentunya berdampak pada kemajuan sektor perekonomian. Sehingga, pada akhirnya bisa meredam inflasi yang terjadi merata di setiap daerah di Indonesia.

"Alhamdulillah petani Bengalon di Desa Sepaso Barat sudah bisa memanen tomat dan timun dari lahan pertaniannya sendiri. Artinya itu kebutuhan sayuran, khususnya tomat dan timun bagi para konsumen di Kutim sudah bisa di suplai dari Bengalon," kata pria akrab disapa Ismu tersebut dikutip dari Bontang Post (Jawa Pos Group), Minggu (19/8).

Ismu optimistis, dengan asumsi 1 ton untuk tiap komoditas yang dihasilkan Poktan Aneka Karya, paling tidak kebutuhan sayuran beberapa kecamatan sekitar Bengalon terpenuhi. Pada akhirnya kenyataan ini dapat menekan laju inflasi yang semakin menjadi-jadi belakangan ini.

Ditambahkan Ismu, bila bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat bisa dihasilkan sendiri oleh masyarakat, maka inflasi tidak akan terjadi lagi di Kutim.

"Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh Poktan Aneka Karya dapat dicontoh petani lainnya. Sehingga produksi kebutuhan pokok bagi masyarakat bisa dipenuhi atau bahkan surplus, agar inflasi bisa dihindari," pungkasnya.

(jpg/est/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up