alexametrics

Atasi Kekeringan di Tegal, ACT Kirim Belasan Ribu Liter Air Bersih

19 Juli 2019, 16:34:25 WIB

JawaPos.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) turun tangan merespons musibah kekeringan yang melanda Tegal, Jawa Tengah. Bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Tegal, ACT mendistribusikan air bersih sebanyak 14 ribu liter. Air bersih tersebut didistribukan kepada warga di dua dukuh di Desa Harjasari, Kecamatan Suradadi, Tegal. Kesulitan air bersih di sana sudah terjadi sekitar satu bulan terakhir.

Kepala Desa Harjasari Marto mengungkapkan, Desa Harjasari memang sudah menjadi langganan kekeringan tiap kemarau tiba. Warganya pun sangat terbantu dengan adanya bantuan air bersih tersebut. Sebanyak 22 desa di lima kecamatan di Tegal terkena dampak kekeringan. Kondisi ini diperkirakan akan semakin meluas seiring mendekati puncak musim kemarau yang diprediksi pada Agustus mendatang.

“Bantuan air ini sangat meringankan warga, terlebih mereka yang tinggal di Dukuh Randu dan Wanasari. Dampak kekeringan sangat menyulitkan warga untuk mendapatkan air. Apalagi masih sangat jarang yang memberi bantuan air seperti ini,” ungkap Marto dalam keterangan tertulis ACT, Jumat (19/7).

Tim ACT Jawa Tengah Giyanto mengatakan, sejak awal Juli hingga saat ini timnya terus melakukan pemantauan ke berbagai daerah di Jateng yang mulai terdampak kekeringan. ACT Jateng pun telah mengirimkan ribuan liter air ke berbagai titik bagi warga terdampak.

“Musim kemarau tahun ini datang lebih cepat. Akibatnya banyak warga yang mulai terdampak kekeringan. ACT Jateng sampai saat ini juga terus mendistribusikan air bersih untuk mengurangi dampak kekeringan,” jelasnya.

Editor : Fadhil Al Birra



Close Ads