JawaPos Radar

Ulu Kasok 'Raja Ampat' Riau Terbakar

19/07/2018, 15:14 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Karhutla Riau
TERBAKAR: Kebakaran lahan dan hutan di wisata alam Ulu Kasok, Kabupaten Kampar, Riau, pada Kamis (19/7). (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Wisata alam Ulu Kasok yang juga dikenal warga sebagai Raja Ampatnya Riau terbakar hebat. Wisata yang terletak di Kabupaten Kampar, Riau ini terbakar, Kamis (19/7) pagi.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar, Adi Chandra mengatakan, saat ini pihaknya masih berjibaku dengan api.

"Kita masih berupaya melakukan pemadaman. Asap cukup tebal karena hembusan angin dari danau lumayan kencang," katanya, Kamis (19/7).

Karhutla Riau
Petugas sempat mengalami kendala, sebab cuaca yang saat ini cukup panas dan jenis tanah gambut membuat petugas cukup kewalahan. (Istimewa)

Diterangkan Adi, terbakarnya puncak tempat wisata tersebut, pertama kali diketahui warga sekitar pukul 06.20 WIB. Kemudian warga menghubungi polisi dan petugas pemadam setempat.

Selang beberapa menit kemudian, tim Satuan Tugas Karhutla pun langsung turun ke lokasi. Dua unit mobil pemadam kebakaran serta sejumlah mesin pemadam kebakaran portable telah dikerahkan ke lokasi kebakaran. "Saat ini kita fokus memblokir api agar tidak meluas," terangnya. 

Petugas sempat mengalami kendala, sebab cuaca yang saat ini cukup panas dan jenis tanah gambut membuat petugas cukup kewalahan. 

"Kita sudah berkoordinasi dengan tim Satgas Karhutla udara. Kita meminta agar dapat membantu melakukan water bombing (pengeboman air)," pungkasnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up