JawaPos Radar

Begini Pentingnya Sinergi Antara Perguruan Tinggi dan Perusahaan

19/07/2018, 23:46 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Begini Pentingnya Sinergi Antara Perguruan Tinggi dan Perusahaan
Diskusi Telkom University dan berbagai perusahaan patner dilakukan agar lulusan universitasnya memenuhi syarat bekerja di berbagai perusahaan (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Rektor Telkom University Mochamad Ashari mengatakan, pihaknya menggelar Industrial Human Capital Development Summit 2018 pada Kamis, (19/7). Tahun ini tema yang diusung adalah How To Deal And Develop The Millenials For Industry 4.0 Era. Diskusi Telkom University dan berbagai perusahaan patner dilakukan agar lulusan universitasnya memenuhi syarat bekerja di berbagai perusahaan.

"Generasi milenial memiliki pola kerja yang sedikit berbeda dari generasi sebelumnya oleh karena itu pembekalan serta suasana kerja perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Perlu diterapkan konsep Penta Helix, sebuah konsep yang fokus pada pengembangan Entrepreneurship oleh Academician, Business, Community, Government, dan Media," ujarnya, Kamis, (19/7).

Diharapkan penerapan konsep tersebut selain mencetak lulusan yang kompeten di dunia profesional juga mampu membentuk jiwa entrepreneurship pada setiap alumni. "Lima pilar tersebut perlu bergerak simultan untuk menyukseskan konsep kolaborasi Penta Helix."

Diharapkan, terang Mochamad, lulusan Telkom University bisa menjadi profesional yang bekerja mulai dari karyawan industri, entrepreneur, bahkan peneliti. Dari kelima komponen tersebut, peran perguruan tinggi merupakan keharusan dan syarat terpenting.

Kreativitas dan kecerdasan pengelola perguruan tinggi menjadi faktor penentu bagi sukses tidaknya program tersebut. Melalui kegiatan ini diharapkan Telkom University mendapat informasi valid baik dari berbagai perusahaan sebagai pengguna lulusan maupun pemerintah.

Informasi dari pengguna penting karena universitas harus membentuk lulusan yang siap bekerja di era generasi millennials yang
sangat unik. Salah satu program yang diterapkan universitas adalah magang selama setahun.

"Magang harus lama biar saat mereka lulus, mereka bisa langsung masuk dunia kerja. Saat magang mereka diperlakukan sebagai staf, diberi tugas dan digaji juga," ujar Mochamad.

Supaya kegiatan magang tidak menggangu kuliah, terang dia, maka mahasiswa yang magang bisa kuliah secara online. Ini memudahkan urusan mereka.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up