alexametrics
Soal Wali Kota yang Dicopot

Anies Mengaku Sudah Temui Ketua KASN, Ini Isinya

19 Juli 2018, 05:35:51 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sudah bertemu dengan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi pada pekan lalu. Dia diminta menjelaskan alasannya dalam melakukan pencopotan jajaran wali kota.

“Sudah ketemu sama ketua KASN Kamis lalu. Saya sampaikan, tidak semua hal yang menyangkut personalia kinerja bisa dikomunikasikan ke umum,” ujar Anies di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (18/7).

Seperti yang dikatakan ke pihak KASN, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu tidak akan mengumumkan alasan perombakan. Sebab, dia ingin menjaga iklim organisasi agar tetap sehat.

“Saya komunikasi oleh KASN tapi nggak dikomunikasikan hal-hal yang tidak diharuskan. Ada hal-hal yang kalau diungkapkan malah kasihan sama yang bersangkutan. Kita ingin menjaga agar iklim organisasi tetap sehat, komunikasi tetap jalan terus kok,” terangnya.

Dia berkelit tidak seluruh wali kota dicopot dari jabatan. Wali Kota Jakarta Utara dan Bupati Kepulauan Seribu hanya dirotasi. Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat diganti lantaran sudah memasuki usia pensiun dan kemudian diisi pejabat yang lebih muda.

“Beliau (mantan Wali Kota Jaksel) bisa mengikuti proses rotasi promosi terbuka yang sekarang sedang dibuka. Jadi sekarang beliau ditugaskan jadi staf di BPSDM sekaligus nanti beliau idealnya ikut promosi terbuka,” jelas dia.

Sebelumnya, sejumlah pejabat eselon II yang dicopot Anies beberapa waktu lalu mengadu ke KASN. Mereka menyebut pencopotan atas dirinya telah melanggar aturan Undang-Undang 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebagai informasi, sejak Juni 2018, Anies telah mencopot lebih dari 20 jajaran tertinggi di SKPD. Di antaranya termasuk lima Wali Kota dan seorang Bupati.

Puluhan jabatan yang belum memiliki pengganti kini diisi pelaksana tugas (Plt) dan tengah dilelang. Sementara itu, pejabat eselon II yang dicopot memilih pasrah untuk pensiun, dimutasi, bahkan dijadikan staf biasa. (yes/Yesika)

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)


Close Ads
Anies Mengaku Sudah Temui Ketua KASN, Ini Isinya