JawaPos Radar

Tenggelam, KM Sinar Bangun Tak Punya Data Penumpang

19/06/2018, 09:47 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
KM Sinar Bangun
Salah satu korban KM Sinar Bangun yang selamat. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - KM Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), Senin (18/6) kemarin. Hingga kini proses pencarian korban terus berlangsung. Beberapa kapal tim SAR dan Polair Polda Sumut dikerahkan untuk melakukan penyisiran.

Namun upaya pencarian mengalami kendala. Pasalnya, kapal tidak punya manifes atau data penumpang. "Tidak ada manifesnya. Kami terus lakukan pencarian," kata Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan Atmaja, Selasa (19/6) pagi.

Dalam proses pencarian, petugas hanya mengandalkan laporan dari kerabat korban. Posko KM Sinar bangun juga sudah dibuat untuk menerima laporan. "Kami menerima laporan soal identitas korban yang masih hilang," tutur Tatan.

Polda Sumut menambah satu peleton lagi untuk bergabung dengan tim pencari di lokasi kejadian. Data teranyar, baru 19 korban yang dievakuasi. Satu korban di antaranya tewas.

Sementara informasi yang di dapat, kapal itu membawa lebih dari 100 penumpang. Ditambah lagi sepeda motor. Padahal dari berbagai sumber menyebut kapal kayu itu hanya mampu mengangkut 60 orang dan tidak boleh membawa kendaraan.

Sebelum tenggelam, kapal juga mengalami tali kemudi putus karena kelebihan muatan. Hingga akhirnya ombak menghantam dan kapal langsung terbalik.

(pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up