alexametrics

Puncak Arus Balik Pelabuhan Makassar Diprediksi Terjadi H+6

19 Juni 2018, 17:37:05 WIB

JawaPos.com – Memasuki, H+4 hari raya Idul Fitri, gejolak arus balik di Pelabuhan Soekarno-Hatta (Sota) Makassar, masih belum terlihat. Momentum libur panjang usai lebaran, masih menjadi faktor utama pemudik menghabiskan waktu di kampung halaman.

Diprediksi, puncak arus balik akan terjadi pada H+6 atau Kamis (21/6) mendatang. Hal itu diungkapkan, Humas Otoritas Pelabuhan Makassar, Maksum, Selasa (19/6). “Perkiraan kita seperti itu dan akan terjadi sampai beberapa hari kedepannya,” katanya.

Dijelaskan olehnya, hari itu dipilih pemudik mengingat hari libur yang diperpanjang oleh pemerintah. Sehingga, para pemudik cenderung memilih akhir pekan untuk kembali melakukan perjalanan arus balik.

Puncak Arus Balik Pelabuhan Makassar Diprediksi Terjadi H+6
Aktifitas arus mudik di pelabuhan Sota Makassar beberapa waktu lalu. (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)

Selain itu, jadwal kedatangan dan keberangkatan pada sehari setelahnya, tepatnya Jumat (22/6) hingga Senin (24/6) mendatang, juga terbilang cukup padat. Dijadwalkan, terdapat lima armada kapal yang bakal tiba, dan delapan armada yang akan diberangkatkan.

Dijelaskan Maksum, rute arus balik yang diprediksi paling mendominasi adalah, mereka yang berangkat dari kawasan Timur, seperti Bima, Labuan Bajo, Maumere dan Ambon. Selebihnya, adalah penumpang yang berangkat dari kawasan Tenggara Sulawesi.

“Untuk jalur antar Sulawesi kebanyakan dari dan ke Bau-Bau dan untuk Barat Indonesia seperti Balikpapan dan Surabaya,” ucapnya.

Meski telah menetapkan prediksi arus balik selama beberapa hari kedepan, ia mengaku, pihaknya tetap akan terus memantau hingga H+15 lebaran. Sebab tidak menutup kemungkinan, lonjakan penumpang akan terus bertambah.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (rul/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Puncak Arus Balik Pelabuhan Makassar Diprediksi Terjadi H+6