alexametrics

Kapolri: Jembatan Kalikuto Sangat Menolong

19 Juni 2018, 21:29:46 WIB

JawaPos.com – Kapolri Jendral Tito Karnavian menyebut, dibukanya jembatan Kalikuto pada ruas tol fungsional Semarang-Batang sangat membantu pelaksanaan arus balik lebaran tahun 2018. Hal itu diungkapkannya, usai melakukan pantauan langsung melalui udara, Selasa (19/6).

“Saya tadi lihat dari udara, ada antrean 500 sampai 600 meter, tapi tertib karena ada petugas yang mengatur. Setelah keluar dari Kalikuto, lancar,” ujarnya, di Batang, Jawa Tengah, Selasa (19/6).

Walau demikian, Tito mengatakan, tak menutup kemungkinan bagi Kepolisian lalulintas setempat untuk menerapkan rekayasa lalu lintas manakala terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang. “Tapi kalau panjang sekali, mau enggak mau harus diurai ke Pantura, lalu masuk lagi di pintu berikutnya. Tapi ini sangat menolong Kalikuto ini,” sambungnya.

Tito pun menyebut, bahwa pihaknya memprediksi puncak kepadatan selama arus balik di Jembatan Kalikuto ini bakal terjadi pada Rabu (20/6) besok. Itu dikarenakan, berakhirnya masa cuti bersama dimana pegawai negeri akan masuk setelahnya.

Namun, terang Tito, Kepolisian juga mewaspadai adanya masyarakat yang akan kembali pada hari Sabtu (23/6) dan Minggu (24/6). Atau, masyarakat yang disebutkan Tito, mereka yang sengaja mengambil cuti tambahan.

“Maka kita mengimbau masyarakat, kalau yang ingin kembali hari Sabtu (23/6) dan Minggu (24/6) jangan berspekulasi. Pulang juga manfaatkan tanggal 21 dan 22. Kamis dan Jumat untuk kembali supaya arusnya pecah. Kemudian jangan paksakan pulang di tanggal 24. Sama dengan sekarang, saya imbau jangan paksakan di tanggal 20.” kata Tito.

Terakhir, tito juga meminta kepada masyarakat yang akan kembali ke kota masing-masing, untuk selalu memantau perkembangan lalu lintas arus baik melalui media maupun melalui aplikasi penunjuk jalan. Sehingga mereka dapat menggunakan jalur non tol seperti jalur pantura atau jalur alternatif untuk menghindari dam mengurangi kepadatan.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (gul/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Kapolri: Jembatan Kalikuto Sangat Menolong