alexametrics

Kali Kenteng, Titik Macet Terparah Arus Balik di Tol Solo-Semarang

19 Juni 2018, 09:03:46 WIB

JawaPos.com – Kali Kenteng menjadi titik kemacetan terpanjang   di ruas tol Solo-Semarang. Rute Boyolali-Salatiga yang difungsikan secara fungsional pada arus balik Lebaran 2018 ini, menjadi titik kemacetan karena kendaraan yang sebelumnya dua jalur menyempit menjadi satu jalur (bottle neck) saat melintas tanjakan  Kali Kenteng.

Kemacatan  mengular hingga lima kilometer tadi malam. Pemudik yang balik ke Jakarta dan kota-kota lain harus bersabar mengantri di jalur ini. Banyak kendaraan memilih menepi sekedar beristirahat karena panjangnya kemacetan untuk mencapai tanjakan Kali Kenteng.

Biasanya rute Solo-Semarang yang biasa bisa dilintas hanya 2,5 sampai 3 jam melalui jalan nasional dan menyambung lewat tol di gerbang tol Salatiga. JawaPos.com yang melintas di jalur ini, Senin (18/6) malam, baru bisa tembus  4,5 jam melalui tol fungsional Boyolali – Salatiga- lanjut ke Semarang.

Kali Kenteng, Titik Macet Terparah Arus Balik di Tol Solo-Semarang
Tanjakan Kali Kenteng di ruas Semarang-Solo (Dok.Radar Solo/JPG)

Pemudik sengaja memilih antri lewat tol fungsional Boyolali-Salatiga meski harus mengantri yang menjadi bagian ruas tol Semarang-Solo, karena di jalan nasional Boyolali-Salatiga justru lebih parah kemacetannya.

Pemudik dari Jawa Timur banyak yang memilih ke luar tol di Semarang untuk menginap untuk beristirahat.

Lokasi jalan menurun dan tanjakan Kali Kenteng di ruas tol fungsional Semarang-Boyolali menjadi perhatian tersendiri pihak kepolisian. Petugas trlihat berjaga-jaga menjaga kelancaran arus lalu lintas di jalur ini.

Pemudik diminta hati-hati saat melintas Kali Kenteng karena selain jalan menurun yang cukup menukik, tanjakan di depannya harus dilakukan dengan ekstra hati-hati karena cukup panjang.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (nas/ce1/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Kali Kenteng, Titik Macet Terparah Arus Balik di Tol Solo-Semarang