alexametrics

Arus Balik, 9.300 Orang Bertolak dari Stasiun Pasar Turi

19 Juni 2018, 23:42:21 WIB

JawaPos.com – Arus balik Lebaran sudah memasuki hari ke-3 (H+3) sejak kemarin lusa (17/6). Namun, arus kedatangan kereta dan penumpang ke Surabaya masih tinggi.

Kepala Stasiun Pasar Turi, Nurtain mengatakan, saat ini penumpang yang tiba tercatat mencapai 6 ribu orang lebih. Dia memperkirakan, angka tersebut juga terjadi di stasiun lain di Surabaya.

Namun, Nurtain belum dapat memastikan sampai kapan lonjakan kedatangan penumpang terus terjadi. Hanya, dia memprediksi, setidaknya lonjakan penumpang arus balik ke Surabaya masih akan terjadi hingga H+5.

Arus Balik, 9.300 Orang Bertolak dari Stasiun Pasar Turi
Situasi kepadatan calon penumpang di stasiun Pasar Turi (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Ia melanjutkan, mayoritas penumpang yang datang ke Stasiun Pasar Turi berasal dari Jakarta. “Faktor lonjakan saya kurang tahu. Tapi yang jelas, lonjakan arus balik ke Surabaya masih tinggi,” kata Nurtain ditemui wartawan di stasiun Pasar Turi, Selasa (19/6).

Berbeda dengan arus balik dari Surabaya ke Jakarta dan Bandung. Saat ini, Nurtain mencatat jumlah keberangkatan mencapai 4.335 penumpang. Secara total, tercatat sebanyak 9.300 penumpang sudah bertolak dari Stasiun Pasar Turi sejak H+1 kemarin.

Kondisi itu berbeda jika dibanding H+3 tahun lalu, yang hanya tercatat 5 ribu penumpang.

Nurtain memprediksi, angka tersebut akan terus meningkat hingga 22 Juni mendatang. “Saat ini, ketersediaan tiket tujuan Jakarta sudah habis. Sampai tanggal 22 Juni sudah habis,” kata Nurtain.

Di sisi lain, Nurtain berpendapat, lonjakan penumpang arus balik tersebut masih tergolong wajar dibanding tahun sebelumnya. Mengingat, kapasitas kedatangan penumpang di stasiun Pasar Turi memang hanya sekitar 4 ribuan orang. Jika dibanding hari biasa pun, selisih jumlah penumpangnya hanya 2 persen.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (HDR/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Arus Balik, 9.300 Orang Bertolak dari Stasiun Pasar Turi