alexametrics

Kemenhub Evakuasi 784 Penumpang Kapal KM Sirimau

19 Mei 2022, 11:30:08 WIB

JawaPos.com–Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menerjunkan tim respons cepat untuk mengevakuasi para penumpang kapal KM Sirimau. Kapal yang dioperatori PT Pelni itu kandas di perairan Pulau Ipet, Perairan Lewoleba, NTT, pada Selasa (17/5).

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Mugen S. Sartoto mengatakan, KM Sirimau kandas di ujung timur Pulau Ipet dalam perjalanan dari Pelabuhan Lewoleba menuju Pelabuhan Maumere. Kapal itu membawa penumpang sebanyak 784 orang.

”Melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan Lewoleba dan Pelni serta Basarnas Lewoleba telah bergerak cepat melakukan penanganan kandas sesuai prosedur sistem manajemen keselamatan (SMK) kapal dan tidak ditemukan adanya kebocoran kapal,” kata Mugen seperti dilansir dari Antara, Kamis (19/5).

Mugen menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden kandasnya kapal KM Sirimau tersebut.

PT Pelni mengerahkan KM Sabuk Nusantara 108 untuk membantu proses evakuasi penumpang, yang dijadwalkan tiba di Lewoleba pada Kamis (19/5) pukul 18.00 wita. Jarak antara lokasi kandasnya kapal tersebut dengan Pelabuhan Lewoleba 8,9 NM atau 16,56 km sekitar satu jam perjalanan.

Upaya lepas kandas kapal KM Sirimau telah dilakukan saat kondisi pasang tertinggi pada Rabu (18/5) pukul 01.00–02.00 wita dan kondisi pasang tertinggi kedua pada pukul 12.00–13.00 wita. Namun, upaya itu belum membuahkan hasil.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads