alexametrics

UTBK Bulan Puasa, Dua Peserta Tertidur

19 Mei 2019, 14:43:51 WIB

JawaPos.com – Cerita-cerita menarik tentang peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) bisa dijumpai dalam setiap sesi pelaksanaan. Misalnya, yang dilakukan peserta UTBK di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada sesi 15 dan 16 kemarin (18/5). Beberapa peserta ditemukan tertidur saat ujian. Tak tanggung-tanggung, ada siswa yang tertidur sampai sejam.

Panitia UTBK Unesa Vinda Maya Setianingrum menyatakan, setidaknya pengawas menemukan dua peserta yang tertidur saat mengerjakan soal di lokasi ujian mitra Unesa. Yakni, SMKN 1 Surabaya. Seorang peserta laki-laki asal Gresik dan peserta perempuan asal Surabaya. Mereka tertidur pada sesi pagi alias sesi 15.

Menurut perempuan yang juga menjadi pengajar di prodi Ilmu Komunikasi tersebut, tantangan utama menjalani ujian ketika puasa adalah ngantuk, terlebih saat pagi. Sebab, dini hari mereka sudah bangun. Mungkin, ada juga siswa yang tidak sempat tidur setelah sahur karena mempersiapkan diri serta dihantui rasa khawatir dan harapan yang bersamaan.

Peserta yang tertidur sempat dibangunkan pengawas. Namun, mereka tertidur lagi. Pengawas pun membiarkan mereka sampai satu jam. ”Setelah itu, mereka bangun sendiri dan lanjut mengerjakan soal lagi,” ucapnya.

Kemarin juga dijumpai peserta yang menuliskan surat ucapan terima kasih kepada LTMP karena soal UTBK yang dirasa sulit. Di balik kertas buram tersebut juga ada tulisan salah seorang peserta yang tidak disebutkan namanya mendoakan dirinya dan peserta lain agar bisa diterima di perguruan tinggi tujuan masing-masing. ”Surat itu yang kedua kali terjadi di Unesa Lidah Wetan dan kami langsung pasang di story IG kampus karena lucu,” kata Maya.

UTBK tinggal empat sesi lagi. Yakni, sesi 17 sampai sesi 20. Sesi yang tersisa tersebut berlangsung pada bulan Ramadan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : his/c13/ady



Close Ads