alexametrics

Jalur Pedestrian Karet Pabean Cantian Tinggal 20 Persen

19 Mei 2019, 16:16:46 WIB

JawaPos.com – Progres pengerjaan jalur pedestrian kawasan Kota Tua sudah terlihat. Di Jalan Panggung, Pabean Cantian, pengerjaannya sudah menyentuh sisi barat median jalan. Luasnya 30 cm dan kedalaman 10 cm. Jika digabungkan dengan sisi timur, panjang median jalan yang dilubangi adalah 100 meter. Titik pengerjaan itu dimulai dari bangunan No. 56-20 di sisi barat. Serta, No. 55-3 di sisi timur.

Kemarin (18/5), 15 petugas dari pelaksana proyek sudah memasangai cor semen di median jalan. Cor tersebut digunakan untuk dasar jalur pedestrian. Tingginya 10 cm. Dengan kata lain, beton yang digunakan untuk lantai pedestrian sama tinggi dengan median jalan. “Kalau terlalu tinggi, warga kesusahan melintas,” ungkap seorang petugas, Amin.

Karena itu, konsep pedestrian di Jalan Panggung dibuat terbuka dan datar. Konsep tersebut berbeda dengan Jalan Karet, Pabean Cantian, yang beberapa betonnya dibuat melengkung. Tujuannya, ada pembatas antara satu rumah dan rumah lain. “Di panggung jarak antarrumah lebih sempit. Jadi, dibuat terbuka. Sejajar gitu,” ungkapnya.

Dia menerangkan, pihaknya masih berkutat pada pembongkaran. Sebab, secara keseluruhan, baru setengah median jalan yang dikelupas. “Setengahnya lagi akan dikebut secepat mungkin,” ungkap lelaki asal Malang tersebut.

Sementara itu, Penanggung Jawab Lapangan Kontraktor Pelaksana Surono menerangkan, setiap hari ada 15 pekerja yang diturunkan. Mereka disebar di berbagai titik Jalan Panggung. Selain pembongkaran median jalan, pihaknya telah membeton sebagian jalan untuk dasar jalur pedestrian. Setelah itu dilanjutkan pembuatan penutup saluran.

Bergeser sedikit ke seberang jalan, pengerjaan jalur pedestrian Jalan Karet tinggal 20 persen. Kemarin, petugas dari pelaksana proyek mengebut sisi barat median jalan. Selain penebangan pohon, pekerja memasukkan box culvert untuk normalisasi saluran di kawasan Beneden Stad (Kota Bawah) Surabaya tersebut.

Setelah berjuang selama dua minggu, struktur jalan sudah semakin rapi. Itu bisa dilihat dari cor semen yang mulai terpasang di depan rumah warga. Jalanan memang macet, tapi sisi barat Jalan Karet tidak lagi berlubang. Warga tidak lagi sulit berkendara dan memarkirkan kendaraan di daerah tersebut.

Jika tidak ada aral melintang, pengerjaan revitalisasi Kota Tua akan selesai sebelum HUT Surabaya. Pemkot masih mempunyai satu pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Yakni, pengecatan Jalan Karet dan pembangunan penerangan jalan umum (PJU). “Setelah jalur pedestrian selesai. Keduanya langsung dikerjakan,” ungkapnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : jar/c12/ano