alexametrics

Kapal Pengangkut 150 Orang Kandas di Perairan Natuna

19 Mei 2018, 11:06:23 WIB

JawaPos.com – KM Bukit Raya tidak bisa melanjutkan pelayaran. Transportasi laut itu mengalami kebocoran karena kandas di perairan Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Tepatnya di titik koordinat 3’42.011’N. 107’55,592’C.

Sebelumnya, kapal bertolak dari Tanjungpinang. Kapal rencananya menuju Pelabuhan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Selat Lampa Kabupaten Natuna, Kepri.

Saat kejadian, tercatat ada 150 penumpang di KM Bukit Jaya. Mereka kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Selat Lampa. Proses evakuasi menggunakan KP. C3 1001, kapal Hiu Macan milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dua Sea Rider dari TNI AL dan Ferey Sendanau.

Kasat Polairud Polres Natuna Iptu Zulkarnain menjelaskan, tim patroli Satpolairud mengetahui ada kapal kandas saat melakukan giat pada Jumat (18/5) kemarin. Di perairan tersebut, didapati KM Bukit Raya mengalami masalah kebocoran sekitar pukul 12.00 WIB.

“Saat patroli, kami dapati KM Bukit raya mengalami kerusakan. Selanjutkan kami laporkan kejadian ini. Karena tidak bisa melanjutkan pelayaran, maka penumpang dievakuasi,” kata Zulkarnain dalam keterangan persnya, Sabtu (19/5).

Kebocoran kapal yang memiliki bobot 6.000 ton itu karena menabrak karang. Tidak dijelaskan seberapa berat kerusakan yang dialami. Namun kapal yang menjadi andalan masyarakat Kepri itu diperkirakan mengalami kerusakan cukup parah.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (bbi/JPC)

Kapal Pengangkut 150 Orang Kandas di Perairan Natuna