JawaPos Radar

Ini Alasan Amin Syam Difabel Daksa Nekat Tulis Surat untuk Jokowi

19/04/2018, 19:07 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kaki Palsu Amin
KAKI PALSU: Amin Syam difabel daksa saat menerima hadiah pemberian Presiden Jokowi di PSBDW, Jalan Ap Pettarani, Makassar, Rabu (18/4) kemarin. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Muhammad Amin Syam, 14, difabel daksa asal Desa Tolada, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), baru saja mendapat hadiah spesial dari Presiden Joko Widodo. Hadiah yang diberikan langsung orang nomor 1 di Indonesia itu berupa kaki palsu.

Pemberian kaki palsu itu, berangkat dari surat terbuka yang ditulis siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Lutra ini akhir Maret lalu. Surat itu, sebelumnya sempat menghebohkan netizen dan viral di media sosial. Dengan penuh rasa percaya diri dan harapan besar, Amin Syam dalam surat yang diunggah di Facebook itu menuliskan "Pak presiden saya tidak butuh sepeda. Saya hanya butuh kaki palsu".

Tak beberapa lama, harapan Amin Syam untuk mendapatkan kaki palsunya akhirnya terwujud. Amin Syam mengaku, menuliskan surat terbuka untuk Presiden karena terinspirasi melihat permintaan anak-anak sesusianya yang kerap mendapatkan hadiah dari Jokowi.

"Jadi ini anak awalnya memang karena lihat itu beberapa kali tayangan di media-media dapat hadiah dari Pak Presiden. Apa lagi kalau bisa jawab pertanyaan. Nah, dia berpikir coba-coba saja tulis surat langsung khusus untuk Presiden tapi semua orang bisa baca. Harapannya besar sekali hanya kaki palsu, karena kakinya yang lama sudah tidak layak, sudah lama dipakai," ucap Kepala Bagian (Kabag) Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya (PSBDW) Makassar, Syaiful Samad yang mendampingi langsung staf ahli Mensos saat memberikan hadiah kaki palsu dari Jokowi untuk Amin Syam, saat dikonfirmasi JawaPos.com, Kamis (19/4).

Amin, katanya memberanikan diri dengan harapan yang besar untuk menuliskan surat terbuka itu. Ia pun bahkan memberitahukan kepada pamannya agar surat itu diekspos bersamaan dengan gambar dan video dirinya melalui medsos. Di sekolah Amin merupakan salah satu murid yang cukup pandai. Meskipun dengan keterbatasan fisik, niatnya untuk menempuh pendidikan tak surut.

"Dari keluarganya kita dapat seperti itu. Makanya dia punya rejeki karena tulis surat dan surat itu akhirnya direspon sama Pak Presiden," terangnya.

Hadiah khusus kaki palsu dari Jokowi itu katanya diterima langsung Amin Syam, didampingi kedua orang tuanya di PSBDW, Jalan Ap Pettarani, Makassar, Rabu (18/4) kemarin. Selain memberikan kaki palsu, Jokowi ditambahkan Syaiful, juga memberikan santunan, bantuan sekolah, serta kartu PHK dan KIS untuk keluarga dan Amin Syam. Pemberian itu diharapakan bisa dipergunakan Amin untuk melanjutkan tekadnya menempuh pendidikan.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up