JawaPos Radar

Amin Syam, Ilhami Difabel Daksa di Luwu Dapat Kaki Palsu dari Presiden

19/04/2018, 19:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kaki Palsu Amin
KAKI PALSU: Amin Syam difabel daksa saat menerima hadiah pemberian Presiden Jokowi di PSBDW, Jalan Ap Pettarani, Makassar, Rabu (18/4) kemarin. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Muhammad Amin Syam, 14, difabel daksa asal Desa Tolada, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadi pembawa berkah bagi difabel lain yang ada di kampungnya.

Bagaimana tidak, surat terbuka yang ditulisnya khusus untuk Presiden Jokowi itu membuat 12 orang dibafel daksa lainya juga mendapatkan hadiah kaki palsu dari Jokowi. Akibat surat yang ditulisnya, siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Lutra ini, ini sempat menghebohkan netizen di media sosial. Dengan penuh rasa percaya diri dan harapan besar, Amin Syam mengirimkan surat terbuka yang ditujukan khusus untuk orang nomor 1 di Indonesia itu.

Dalam surat yang diuggah di Facebook pada akhir Maret lalu itu, Amin Syam menuliskan "Pak presiden saya tidak butuh sepeda. Saya hanya butuh kaki palsu". Tak begitu lama berselang, surat terbuka itu kemudian menjadi viral dan sampai ke Jokowi. Melalui Kementerian Sosial (Kemenaos) Jokowi kemudian memerintahkan untuk merespon surat tersebut.

"Jadi anak ini memang luar biasa. Karena dia, 12 orang difabel daksa juga yang ada di Lutra itu dapat hadiah kaki palsu dari pak Presiden," kata Kepala Bagian (Kabag) Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya (PSBDW) Makassar, Syaiful Samad yang mendampingi langsung staf ahli Mensos saat memberikan hadiah kaki palsu Amin Syam dari Jokowi.

12 orang difabel daksa itu sebelumnya kata Syaiful sama sekali tak menyangka akan mendapatkan hadiah yang sama dari Jokowi. Kondisinya pun nyaris sama dengan Amin Syam, dimana kaki palsu 12 difabel itu sebelumnya sudah rapuh dimakan usia pemakaian.

"Itulah dia ini membawa berkah bagi teman-temannya, difabel yang lain. Bahkan yang sudah senior sekali juga tidak sangka dapat hadiah kaki palsu dari pak Presiden," jelasnya.

Kaki palsu yang diberikan Jokowi terhadap 12 difabel daksa itu, dilaksanakan di tempat yang sama dengan Amin Syam, di PSBDW, Jalan Ap Pettarani, Makassar, Rabu (18/4) kemarin. Selain memberikan kaki palsu, Jokowi ditambahkan Syaiful, juga memberikan santunan, bantuan sekolah, serta kartu PHK dan KIS ke 12 difabel ini.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up