alexametrics

Wisata Kalisuci di Gunungkidul Sementara Ditutup

19 Maret 2019, 17:21:46 WIB

JawaPos.com – Beberapa objek wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) sementara ditutup usai hujan lebat pada Minggu (17/3) lalu. Karena kondisinya yang tak memungkinkan untuk menjamu tamu yang datang.

Objek wisata yang ditutup sementara yakni Kalisuci dan Goa Jomblang di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Untuk di Kalisuci ditutup sejak Minggu (17/3) karena air sungai yang meluap dan membawa tumpukan sampah.

“Kondisinya cukup parah, banyak lumpur dan sampah. Kalau dilewati berbahaya, karena licin juga,” kata Kepala Dusun Jetis Wetan, Semanu Wahyu Febrianto, Selasa (19/3).

Penutupan sementara dilakukan supaya petugas bisa leluasa melakukan pembersihan sisa-sisa sampah yang terbawa arus sungai. Sebanyak 30 personel juga telah diturunkan dalam upaya pemulihannya. “Penutupan ini kemungkinan selama seminggu,” katanya.

Ia juga berharap, agar dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan berupa alat kebersihan. Seperti penyemprot untuk membersihkan lumpur. “Alat yang kami punya sementara sedang rusak,” ucapnya.

Harapannya itu supaya proses pembersihan bisa dilakukan dengan cepat. Karena sudah banyak tamu yang melakukan pemesanan untuk mendatangi wisata susur sungai sekaligus goa ini.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, dari informasi yang didapatkan tidak hanya Kalisuci saja yang sementara ditutup. “Goa Jomblang saya dengar ditutup sementara, kalau untuk Goa Pindul saya belum mendapat kabar,” katanya.

Mengenai alat pembersih yang diharapkan, ia mengaku instansinya tak mempunyai. Namun akan diupayakan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Segera kami akan lakukan koordinasi,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Wisata Kalisuci di Gunungkidul Sementara Ditutup