alexametrics

Temuan Situs di Tol Mapan Diduga Bangunan Suci Era Singosari

19 Maret 2019, 20:25:13 WIB

JawaPos.com – Temuan situs purbakala di pengerjaan proyek tol Malang-Pandaan (Mapan) di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang perlahan menemui titik terang. Situs yang berada di seksi 5 Km 37 tersebut diduga merupakan bangunan suci pada era Singosari. 

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Andi Muhammad Said mengatakan, dugaan tersebut diperkuat dengan adanya temuan semacam paduraksa atau bangunan berbentuk gapura yang mengarah ke Semeru. “Dibelakangnya itu ada batur (pondasi), tempat untuk menaruh arca-arca,” ujarnya, Selasa (19/3).

Dia menjelaskan, temuan pintu paduraksa ini bukanlah paduraksa yang besar. Bila dilihat dari reruntuhan yang ditemukan pada sisi Utara, paduraksa ini mempunyai pola menyambung dengan atasnya. 

Temuan Situs di Tol Mapan Diduga Bangunan Suci Era Singosari
Situs yang berada di seksi 5 Km 37 tersebut diduga merupakan bangunan suci pada era Singosari. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Namun, saat ini pihaknya baru menemukan satu paduraksa, yang seharusnya ada dua paduraksa. “Itu makanya kita cari ke sisi Timur laut, tapi belum ketemu. Oleh karena itu kita lebarkan galiannya ke sisi timur laut,” kata dia. 

Andi membenarkan bila temuan tersebut merupakan bangunan suci pada era sebelum Majapahit. Hal itu diperkuat dengan adanya temuan koin pada zaman Dinasti Song atau abad X-XI sebelum Majapahit. “Iya bangunan suci. Sudah ketemu. Jadi ada altar itu udah clear, terus pintu paduraksa udah clear,” terangnya. 

Dia mengungkapkan, ada kemungkinan bangunan ini sudah dipugar oleh masyarakat pada zaman Belanda dulu. “Jadi pada masa pemukiman zaman dulu, pada saat menjadi kampung Ngadipuro di zaman Belanda, itu masyarakat udah disitu mengambil. Udah dipakai untuk macam-macam,” terangnya.

Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan pengerjaan untuk melakukan ekskavasi di daerah Timur Laut. Dia menargetkan bisa selesai hingga dua hari ke depan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Temuan Situs di Tol Mapan Diduga Bangunan Suci Era Singosari