alexametrics

Miris! Lima Tahun, Ruang Kelas SDN 01 Pingku Tanpa Jendela dan Pintu

19 Maret 2019, 14:54:22 WIB

JawaPos.com – Pembangunan SDN 01 Pingku di Kampung Karehkel RT 02/01, Desa Pingku, Kecamatan Parungpanjang, Bogor mangkrak. Akibatnya siswa pun harus rela belajar di ruang kelas yang tanpa pintu dan jendela.

Kondisi demikian sudah terjadi sejak lima tahun terakhir. Rehab gedung sekolah berhenti sejak 2013 silam. Padahal masih ada dua ruang kelas lagi yang belum selesai perbaikannya.

Tak hanya tanpa pintu dan jendela, pada bangunan yang belum selesai juga belum terpasang plafon. Kondisinya pun sudah rusak. Kondisi itu terjadi pada ruang kelas 1 dan kelas 4. Sekolah juga tidak memiliki ruang guru. Serta hanya tersedia satu kamar mandi saja.

“Ada dua ruang kelas baru (RKB) yang direhab pada 2013 lalu. Pada waktu itu kepala sekolahnya Pak Ahyar. Namun pemborongnya saya tidak tahu,” kata Guru SDN 01 Pingku, Ehha, seperti dilansir dari Radar Bogor (Jawa Pos Group), Selasa (19/2).

Menurutnya, dengan tidak adanya jendela di ruang kelas 1, berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, ketika kegiatan belajar para siswa tidak bisa fokus belajarnya.

“Bangunan yang telah di rehab tersebut belum selesai itu, tinggal pintu, dan jendelanya jadi para siswa lebih fokus pada orang tuanya dan tidak memperhatikan gurunya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekcam Parungpanjang Icang Aliyudin mengatakan, pembangunan RKB pada 2013, baru terdekteksi permasalahannya. Ia mendapatkan laporan dari kepala sekolah saat itu dan UPT Pendidikan bahwa pembangunan sudah selesai.

Icang juga menuturkan, Kecamatan Parungpanjang belum menerima berkas laporan SDN 01 Pingku. “Nanti kalau sudah masuk di musrembang, bisa ditindaklanjuti usulan perbaikan dan masuk ke dalam skala prioritas,” tukasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Copy Editor :

Miris! Lima Tahun, Ruang Kelas SDN 01 Pingku Tanpa Jendela dan Pintu