alexametrics

Malam Ini, Mahfud MD Akan Beberkan OTT Rommy

19 Maret 2019, 13:13:48 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selasa (19/3) malam, Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) Mohammad Mahfud MD bakal membeberkan soal penangkapan tersebut dalam sebuah diskusi di stasiun TV swasta. Seperti dalam cuitannya di lini massa Twitter, Rommy sudah dijejak.

“Itu soal OTT-nya Rommy. Saya diundang ke sana (diskusi di TV swasta). Karena saya pernah mengingatkan Rommy jauh sebelum di-OTT. Saya sudah beri tahu bahwa sudah ada penjejakan yang terdaftar di KPK,” ujar Mahfud usai mengisi kuliah umum Suluh Kebangsaan di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut), Selasa (19/3).

Menurut Mahfud, daftar itu bukan rahasia. Namun tampaknya Rommy acuh dan akhirnya tertangkap. “Misalnya pemberitaan di media massa. Misalnya sidang-sidang yang menyebut nama Rommy. Itu kan penjejakan namanya,” ungkap Mahfud MD.

Namun mantan Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu enggan membeber lebih jauh lagi. Dia menegaskan akan membuka hal itu pada diskusi. “Nanti di bahas sejauh mana Rommy menjadi korban dari sistem atau penabrak sistem . Kami diskusikan secara baik. Kami lihat saja nanti. Saya akan bicarakan itu di ILC,” pungkas Mahfud MD.

Sebelumnya, Rommy ditetapkan sebagai tersangka bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur (Jatim) Haris Hasanuddin.

Rommy terjerat kasus dugaan suap seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kemenag. Dalam OTT di Jatim, KPK turut mengamankan uang sebesar Rp 156 juta. Uang yang diduga suap itu diterima Rommy dari Muafaq dan Haris untuk memuluskan jabatan mereka menjadi pejabat di kantor wilayah Kementerian Agama Jatim.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Rommy sempat menyampaikan pepatah yang dituangkan dalam surat yang dibagikan ke awak media, Sabtu (16/3). “Saya ingin memulai dengan pepatah Arab. Musibah yang menimpa suatu kaum akan menjadi manfaat dan faidah untuk kaum yang lain,” jelas Rommy.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Prayugo Utomo

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Malam Ini, Mahfud MD Akan Beberkan OTT Rommy