alexametrics

Longsor di Bantul, BPBD: Sudah Ada Peringatan Dini

19 Maret 2019, 18:01:22 WIB

JawaPos.com – Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) merupakan salah 1 titik zona merah ancaman bencana longsor. Bahkan sebelum peristiwa nahas pada Minggu (17/3), warga di sana sudah mendapatkan peringatan dari petugas untuk mengungsi ketika dirasakan hujan cukup tinggi intensitasnya.

“Setiap ada hujan yang tinggi, diminta untuk sementara pindah dulu ke tempat yang aman,” kata Muhammad Aris, 47, warga warga Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, saat ditemui di kediamannya, Selasa (19/3).

Aris yang merupakan Ketua RT setempat periode 2011-2017 juga mengungkapkan, rumah milik tetangganya yang tertimbun tanah longsor sebenarnya telah diperingatkan sekitar 2-3 tahun lalu. Supaya pindah tempat tinggal, karena rawan longsor tebing di belakangnya. “2-3 tahun lalu juga sudah diingatkan supaya pindah,” katanya.

Namun warga tidak melakukannya, karena jika memutuskan pindah ke lain tempat maka akan membutuhkan dana yang tak sedikit. “Kalau pindah, warga juga bingung mau ke mana. Belum ada solusi,” ujar dia.

Doni Praditya Setyawan, 35, warga Dusun Kedung Buweng yang rumahnya hampir terkena longsor juga mengungkapkan, pada 2017 lalu saat cuaca ekstrem juga sempat longsor dan bangunan rumahnya pun terkena. Semenjak peristiwa itu, ia selalu was-was ketika hujan cukup lebat.

Seperti pada Minggu (17/3) malam, ia menceritakan perasaannya ketika itu sudah berkecamuk. Doni memilih untuk duduk di teras depan rumahnya, sementara anak dan istrinya diminta di ruang tamu.

Ia kemudian mendengar bunyi yang cukup keras mirip suara petir, yang ternyata memang tanah longsor. Dirinya pun langsung mengajak anak istrinya pergi ke tempat yang aman. “Harapan saya, Pemerintah melakukan relokasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto menambahkan, pihaknya telah memberikan peringatan dini terkait mereka yang tinggal di zona merah rawan bencana. “Total ada sekitar 2 ribu warga yang tinggal di zona merah rawan longsor, termasuk Wukirsari dan Selopamioro,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Longsor di Bantul, BPBD: Sudah Ada Peringatan Dini