alexametrics

Gus Zaki: Mayoritas Keluarga Besar Tebuireng Dukung Jokowi-Kiai Ma’ruf

19 Maret 2019, 13:55:24 WIB

JawaPos.com- Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang KH Agus M. Zaki Hadzik menegaskan bahwa keluarga besar Tebuireng mendukung capres dan cawapres 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hal itu sekaligus menampik adanya kabar yang menyebutkan bila pihaknya mendukung 02.

“Kabar yang beredar bahwa Tebuireng mendukung Pak Prabowo dan Pak Sandiaga itu tidak benar. Jelas-jelas mayoritas keluarga besar Tebuireng mendukung Jokowi-Kiai Maruf,” tegas ulama yang biasa disapa Gus Zaki tersebut, Selasa (19/3).

Menurutnya, ada sejumlah alasan solidnya dukungan keluarga besar Tebuireng ke Jokowi dan Ma’ruf Amin. Salah satu alasannya karena sosok Ma’ruf Amin merupakan alumnus Tebuireng. Ma’ruf Amin menghabiskan 6 tahun belajar di ponpes tersebut. Mantan Rais Aam PBNU itu juga belajar di MTS dan MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng.

Dengan latar belakang itu, Gus Zaki meyakini bahwa sosok Ma’ruf Amin yang dekat dengan umat. Perannya dalam pemberdayaan umat sudah teruji. Baik selaku Ketua Umum MUI, maupun sebagai Mustasyar PBNU.

“Jadi pasangan Jokowi-Ma’ruf ini justru menjadi inspirasi dan motivasi bagi para santri untuk berbuat lebih bagi kemajuan bangsa,” tambah Gus Zaki.

Selain itu, Ma’ruf Amin merupakan sosok yang cukup mengerti ekonomi. Terutama, ekonomi berbasis syariah. Beberapa track record Ma’ruf Amin antara lain menjadi dewan pengawas syariah di sejumlah bank syariah, dan menjabat anggota Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah (KPJKS) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Beliau itu ahli kebijakan ekonomi umat, pegiat ekonomi Islam, berdiri di garis depan memperjuangkan penerapan keuangan syariah,” tuturnya.

Gus Zaki melanjutkan, ada beberapa tokoh lain yang menjadi inspirasi keluarga besar ponpes saat memutuskan mendukung Jokowi dan Maruf Amin. Mulai dari dzurriyah (keturunan) KH Hasyim Asyari, Ning Yenny Wahid, Gus Ipang Wahid, Gus Aizudin Abdurrahman yang semuanya mendukung Paslon nomor urut 01. Ada juga Barisan Gus dan Santri Bersatu (Baguss) yang mendukung Jokowi dan Maruf Amin.

Dukungan keluarga besar Pesantren Tebuireng Jombang kepada duet Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin sangat solid. Mayoritas keluarga, pengurus, alumni, dan santri pesantren peninggalan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari itu bergerak untuk pasangan nomor 01.

“Gus Ipang Wahid, putra KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) yang mengomando mereka. Dari Pesantren Darul Ulum ada Gus Zaimuddin, Gus Zulfikar As’ad, Gus Zahrul Azhar termasuk KH Tamim Romli. Masih banyak yang lain,” tutur Gus Zaki.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro



Close Ads
Gus Zaki: Mayoritas Keluarga Besar Tebuireng Dukung Jokowi-Kiai Ma'ruf