alexametrics

2 Tahun, Kecelakaan Speedboat Awet Muda Tewaskan Puluhan Korban

19 Maret 2019, 20:02:18 WIB

JawaPos.com – Kecelakaan Speedboat Awet Muda di perairan Sungai Musi, ternyata kerap terjadi di Sumsel. Tercatat, dalam dua tahun terakhir kecelakaan Speedboat Awet Muda ini terjadi dua kali.

Dalam kecelakaan tersebut penumpang yang tewas mencapai puluhan orang. Pertama, pada Rabu, 3 Januari 2018. Speedboat Awet Muda yang membawa 55 penumpang mengalami kecelakaan di Perairan Tanjung Serai, Banyuasin. Akibat kecelakaan tersebut, 13 penumpang meninggal dunia.

Kedua, pada Senin kemarin (18/3). Speedboat Awet Muda yang membawa 34 penumpang mengalami kecelakaan di perairan Upang Jaya, Kecamatan Muara Telang, Banyuasin. Akibat kecelakaan tersebut 7 penumpang tewas.

“Untuk perizinan kapal tersebut itu ada di Dishub Palembang, bukan di kami,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuasin, Supriadi, saat ditemui, Selasa (19/3).

Ia mengaku kecelakaan speedboat yang terjadi banyak di wilayahnya itu disebabkan berbagai faktor, baik alam hingga kelalaian pengemudi. Padahal, pihaknya telah berulang kali, mensosialisaikan agar pemilik speedboat berhati-hati dan menyiapkan alat keselamatan.

Namun, pihaknya tidak dapat berbuat banyak karena memang jalur perairan merupakan jalur satu-satunya untuk menuju daerah seperti Muara Telang dan lain sebagainya. “Jadi warga tidak ada pilihan lain selain menggunakan kapal,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya telah mengusulkan kepada Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk membuat prototipe kapal yang aman digunakan untuk angkutan sungai. 

“Kami harap kedepan pemilik kapal dan pengguna dapat berhati-hati menggunakan transportasi air,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Operaional Jasa Raharja Sumsel, Ahmad Alfansuri Situmeang mengatakan saat ini pihaknya tengah mendata para korban yang meninggal dunia disertai ahli warisnya. Hal ini tujuannya untuk memberikan jaminan santunan kecelakaan yang menimpa para korban.

“Nantinya korban jiwa akan diberikan santuan. Sedangkan , korban yang luka-luka akan diberikan jaminan perawatan selama di rumah sakit,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Copy Editor :

2 Tahun, Kecelakaan Speedboat Awet Muda Tewaskan Puluhan Korban