alexametrics
74 Orang Masih Hilang

15 Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Banjir Sentani

19 Maret 2019, 13:35:40 WIB

JawaPos.com – Pencarian korban bencana banjir bandang di wilayah Sentani, Jayapura masih terus dilakukan. Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, masih ada 74 orang hilang akibat kejadian ini.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, untuk membantu proses pencarian keluarga korban, Polda Papua menurunkan tim K-9 atau anjing pelacak.  Karena diperkirakan korban tertimbun material dan lumpur.

“Sebanyak 15 ekor K-9 yang terdiri dari enam ekor dari Jakarta dan sembilan ekor dari Polda Papua diterjunkan untuk mencari korban,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Selasa (19/3).

Kata Dedi K-9 tersebut ditempatkan di beberapa lokasi yang diperkirkan masih terdapat korban hilang. Adapun banjir tersebut membawa serta material kayu dan lumpur yang membuat korban sulit ditemukan.

“Diharapkan dengan bantuan K-9 tersebut dapat mempercepat proses pencarian terhadap korban yang belum ditemukan,” sebutnya.

Sementara itu, Direktorat Polairud Polda Papua juga memperluas pencarian di bagian kiri danau Sentani dengan menggunakan Longboat milik Dit Pol Air Polda Papua. Selain melakukan pencarian terhadap korban jiwa, tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Basarnas dan masyarakat masih melakukan pembersihan di beberapa titik yang terdampak banjir bandang.

“Pembersihan dilakukan di Jalan Sosial, Kemiri dan Doyo Baru,” tukas Dedi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini

Copy Editor :

15 Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Banjir Sentani