JawaPos Radar

Tiga Napi Rutan Anak Kabur Setelah Jebol Plafon

19/03/2018, 22:01 WIB | Editor: Budi Warsito
Tiga Napi Rutan Anak Kabur Setelah Jebol Plafon
Napi Rutan Anak Air Padang kabur telah ditetapkan sebagai DPO (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Tiga narapidana (napi) penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Anak Air, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melarikan diri. Ketiganya kabur setelah berhasil menjebol plafon kamar yang berada di lantai 3 Rutan tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh JawaPos.com, ketiga napi yang kabur yakni, Defi Saputra,29; Hari Kirwan, 29 dan Suryanto Harefa, 24. Ketiga dilaporkan kabur sekitar pukul 03.00 WIB dini hari Senin (19/3).

Informasi yang dihimpun, para napi kabur melalui platfon kamar penjara di lantai 3 Rutan Anak Air. Mereka diduga merangkak di atas platfon dan melewati tiga kamar sebelum akhirnya sampai di ujung pagar pembatas.

Tiga Napi Rutan Anak Kabur Setelah Jebol Plafon
Napi Rutan Anak Air Padang kabur telah ditetapkan sebagai DPO (Istimewa)

Untuk turun dari lantai tiga Rutan itu, diduga para napi ini menggunakan beberapa kain sarung dan celana yang telah di ikatkan satu sama lain. Karena, patugas menemukan sarung dan celana yang di ikat menyerupai seutas tali.

Suryanto Harefa napi yang kabur tercatat sebagai warga Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan. Napi ini dijatuhi pidana penjara selama tiga tahun atas kasus pencurian dengan pemberatan (Curat).

Kemudian, Hari Kirwan tercatat sebagai warga Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Kecamatan Pauh yang dihukum penjara selama 10 tahun atas kasus pemerkosaan. Sementara Defi Saputra tercatat sebagai warga kampung Dalam, Nagari Tobo, Kabupaten Padangariaman baru saja dipenjara Maret 2018 atas keterlibatannya dalam kasus terlibat pencurian dengan kekerasan (Curas).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumbar Bobby Sectio Wahyudi saat dikonfirmasi membenarkan kejadian kaburnya tiga napi Rutan Anak Air tersebut.

Namun, pihaknya belum berani memberikan banyak informasi terkaitnya tiga napi tersebut. "Kami masih menunggu laporan tim di lapangan. Memang ada yang kabur. Yang kabur memang ada, tapi baru sebatas itu yang kami tau," katanya menjawab pertanyaan JawaPos.com singkat melalui pesan WhatsApp sore Senin (19/3).

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up