alexametrics

Dianggap Sukses, Transjakarta Ingin Berlakukan ETLE di Busway

19 Februari 2019, 12:37:30 WIB

JawaPos.com – Guna mengubah perilaku disiplin berlalu lintas, Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta telah menerapkan tilang elektronik atau ETLE (Electronik Traffic Law Enforcement). Namun penerapannya baru di beberapa titik saja.

Melihat hal tersebut berhasil dijalankan, PT TransJakarta pun ingin menerapkan hal yang sama ke depannya. Sebab, kerap kali pengendara motor dan mobil masuk dalam busway yang harusnya steril.

“Belajar dari kesuksesan uji coba ETLE ini, kami sedang menjajaki kira-kira kalau di busway dipasangi kamera ETLE, memungkinkan atau tidak. Nah saat ini kami sedang melakukan studi,” kata Direktur Operasi TransJakarta, Daud Joseph, Selasa (19/2).

Dianggap Sukses, Transjakarta Ingin Berlakukan ETLE di Busway
PT Transjakarta berencana menerapkan sistem ETLE di Busway (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sesuai data yang diperolehnya, Daud pun mengapresiasi langkah tilang elektronik ini berdampak pengurangan pelanggar lalu lintas. Maka dari itu, dirinya akan melakukan kajian apabila sistem tersebut dapat digunakan pada jalur TransJakarta.

“Saat ini jumlah pelanggarannya menurun jauh, menjadi hanya sekitar 80-90 orang pelanggar yang tertangkap dalam satu hari,” terang Daud.

Tidak hanya Daud, langkah ini pun didukung langsung oleh Dirut TransJakarta Agung Wicaksono. Menurutnya, sterilisasi jalur harus dilakukan oleh berbagai pihak untuk membuat jalur Transjakarta steril tanpa hambatan.

Untuk diketahui, kebijakan ETLE telah aktif dilakukan sejak November 2018. Ditlantas Polda Metro Jaya pun merilis bahwa telah ada sekitar 1.500 surat tilang yang dikirim untuk ditindaklanjuti oleh pelanggar.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria



Close Ads
Dianggap Sukses, Transjakarta Ingin Berlakukan ETLE di Busway