alexametrics

Berdalih Minta Sumbangan Kampanye, Pelaku Hipnotis Diringkus

19 Februari 2019, 12:24:49 WIB

JawaPos.com – Hendra Saputra, 39, diamankan aparat Polsek Bukitraya. Warga Kecamatan Limbah Gunanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar) itu diduga telah melakukan penipuan dengan menghipnotis korban.

Pelaku ditangkap di rumahnya, Senin (18/2) malam. Penangkapan bermula ketika polisi mendapatkan laporan dari korban bernama Sutasman, 56, warga Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukitraya, Kota Pekanbaru, Riau.

Dalam pelaporan awal Februari lalu, diketahui bahwa Hendra diajak rekannya A untuk mengambil uang milik korban, Sabtu (2/2). Mereka kemudian menghubungi korban dan mengajaknya bertemu di sebuah kos di Jalan Karya Sari.

“Perbuatan itu sudah direncakan mereka. Di sana, tersangka Hendra menghipnotis korban agar mau bersedekah dengan alasan untuk mengambil uang gaib dana kampanye,” kata Kapolsek Bukitraya Kompol Pribadi, Selasa (19/2).

Korban yang tak sadar kemudian menyanggupi untuk bersedekah kepada tersangka. Tak lama setelah itu, korban menyerahkan uang sebesar Rp 75 juta kepada tersangka. Penyerahan dilakukan di tempat kos, Senin (4/2) sekitar pukul 10.00 WIB.

“Setelah uang diberikan, tersangka berpura-pura pergi membeli bunga sebagai syarat setelah uang diberikan. Tapi hingga keesokan harinya, tersangka tak kunjung kembali,” bebernya.

Korban baru sadar setelah pulang ke rumah. Dia kembali ke kos tersebut untuk mencari kedua pelaku. Tetapi mereka tidak ada di sana alias sudah melarikan diri.

“Uang yang berada di dalam tas yang korban tinggalkan di sana sudah raib. Atas kejadian itu, kami melakukan penyelidikan hingga berhasil mengetahui keberadaan tersangka Hendra,” terang Pribadi.

Sementara itu, rekan Hendra berinisial A masih dalam proses pencarian. “Sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Masih kami buru,” ucap Pribadi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Virda Elisya



Close Ads
Berdalih Minta Sumbangan Kampanye, Pelaku Hipnotis Diringkus