alexametrics

12 Tahun Jadi TKW Ilegal, Diah Akhirnya Pulang

19 Februari 2019, 10:33:52 WIB

JawaPos.com – Diah Anggraeni akhirnya kembali menginjakkan kaki di tanah air. Selama 12 tahun, perempuan asal Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) itu bekerja di Amman, Jordania, secara nonprosedural. Alias menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) ilegal.

Selama itu pula, Dia mendapatkan perlakuan tak manusiawi. Seperti tidak mendapatkan gaji dan dilarang mandi oleh majikannya. Selasa (19/2), Diah dijadwalkan tiba di kampung halamannya di Malang.

Kepala Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Malang Muhammad Iqbal mengatakan, Diah tiba di Indonesia sejak Senin (18/2). “Alhamdulillah prosesnya cepat. Saat ini proses kepulangan Diah sudah dikoordinasi pihak KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Amman, Yordania dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Malang,” ujar Iqbal.

Bahkan pihak Disnaker sudah melakukan penjemputan langsung ke Jakarta. Setibanya di Jakarta, Diah masih harus menyelesaikan urusan administrasi terlebih dahulu. Untuk itu, Diah tidak bisa langsung bertolak ke Malang.

“Pihak dari Disnaker juga sudah dikonfirmasi. Karena Diah harus transit dulu di Jakarta, di Bandara Soekarno Hatta. Baru kemudian akan ke Malang,” jelas Iqbal.

Informasi kepulangan Diah sudah sampai di telinga keluarga. Rencananya, Wali Kota Malang Sutiaji akan menyambut Diah di kediamannya di Jalan RE Martadinata, Kota Malang.

“Setelah menerima informasi resmi dari kedutaan, kami langsung memberikan kabar kepada pihak keluarga. Pihak keluarga sangat senang. Rencananya, Pak Sutiaji juga akan menyambut” paparnya.

Iqbal menerangkan, biaya kepulangan Diah sepenuhnya ditanggung sang majikan. “Selain itu, juga gaji dan hak-hak lainnya dipenuhi semua oleh majikan,” imbuhnya.

Seperti diberitakan, Salah satu TKW asal Kota Malang berinisial DA yang bekerja di Amman, Jordania, Timur Tengah, mendapat perlakuan tidak manusiawi dari majikannya. Selama 12 tahun, dia tidak mendapatkan gaji. Bahkan dilarang untuk mandi. Setelah diselidiki, perempuan tersebut berangkat sebagai TKW nonprosedural alias ilegal.

P4TKI Malang berupaya untuk memulangkan Diah ke Indonesia. Namun kepulangan Diah sempat tertahan karena pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jordania masih menunggu sisa gaji yang harus dibayarkan majikan Diah. Nilainya mencapai USD 9 ribu atau sekitar Rp 126 juta.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

12 Tahun Jadi TKW Ilegal, Diah Akhirnya Pulang