alexametrics

Kemenag Sulsel Lepas Keberangkatan 46 Jamaah Umrah ke Arab Saudi

19 Januari 2022, 18:16:57 WIB

JawaPos.com–Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Ali Yafied melepas keberangkatan 46 jamaah umrah ke Arab Saudi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

”Kepada para jamaah umrah, kami menitipkan pesan agar selalu menjaga protokol kesehatan dengan ketat, menjaga nama baik bangsa Indonesia agar kita tidak lagi di-banned oleh Kerajaan Arab Saudi,” ujar Ali Yafied seperti dilansir dari Antara di Makassar, Rabu (19/1).

Dia mengatakan, protokol kesehatan harus dipatuhi. Pemerintah Arab Saudi sangat ketat dalam aturan tersebut karena saat ini pandemi Covid-19 belum usai.

Ali Yafied menyampaikan kepada para jamaah umrah tersebut jika pada 2020, Indonesia pernah dilarang (banned) memasuki Arab Saudi karena tidak mematuhi aturan protokol kesehatan.

”Jangan lagi kasus 2020 berulang, karena banyak jamaah yang tidak mematuhi prokes, sehingga Indonesia di-banned Arab Saudi,” terang Ali Yafied.

Ali Yafid menjelaskan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah menegaskan bahwa pemberangkatan jamaah umrah asal Indonesia tidak akan dihentikan, tapi harus memastikan bahwa proses keberangkatan jamaah umrah akan tetap menerapkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads