alexametrics

Dedi Mulyadi Sebut Rapat Pakai Bahasa Sunda Wajar

19 Januari 2022, 05:33:19 WIB

JawaPos.com–Anggota DPR Dedi Mulyadi mengatakan, penggunaan bahasa Sunda dalam kegiatan rapat adalah hal yang wajar dan tak perlu dipermasalahkan.

”Wajar saja dilakukan selama yang diajak rapat, yang diajak diskusi mengerti bahasa daerah yang digunakan sebagai media dialog pada waktu itu,” kata Dedi seperti dilansir dari Antara.

Dia menyampaikan itu terkait pernyataan Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mengganti seorang Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang rapat menggunakan bahasa Sunda.

Dedi Mulyadi yang juga dikenal sebagai tokoh Sunda turut menegaskan kalau penggunaan bahasa daerah dalam kegiatan rapat adalah sesuatu yang wajar. Bahkan, saat menjabat Bupati Purwakarta, dia sering menggunakan bahasa Sunda sebagai media dialog bersama masyarakat dan rapat pejabat.

”Saya lihat di Jawa Tengah, ternyata bupati, wali kota, dan gubernur sering menggunakan bahasa Jawa dalam kegiatan kesehariannya. Ini adalah bagian dari kita dalam menjaga dialektika bahasa sebagai keragaman Indonesia,” ujar Dedi.

Termasuk saat dia memimpin rapat di Senayan, sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR, sering menyisipkan bahasa Sunda di dalamnya. ”Justru itu malah membuat suasana rapat rileks, tidak tegang sehingga apa yang ada di pikiran kita, gagasan kita bisa tercurahkan. Lama-lama anggota yang rapat sedikit banyak mendapat kosa kata baru bahasa Sunda yang dimengerti,” tutur Dedi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: