alexametrics

Dinas Pariwisata Sleman Genjot Wisata Candi

19 Januari 2019, 15:14:10 WIB

JawaPos.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) akan melakukan penataan terhadap 8 candi yang ada di wilayahnya. Hal itu untuk mengembangkan kegiatan pariwisata yang saat ini masih belum maksimal.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan, penataan itu berupa pembenahan sarana prasarananya. “Pembenahan sarana prasarana di zona 3 atau zona pemanfaatan,” katanya, dikonfirmasi Sabtu (19/1).

Sebanyak 8 candi itu di antaranya, Candi Kedulan, Sambisari, Ijo, Gebang, Candi Sari, Banyunibo, Kalasan serta Barong. Namun untuk Candi Kedulan menunggu diselesaikannya pemugaran, yakni 2020.

“Pembenahannya menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Untuk Candi Kedulan belum dilakukan, karena saat ini masih dalam pemugaran,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, proses pembenahan ini juga tetap melibatkan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Agar perencanaan sesuai dengan Undang-undang Pelestarian Cagar Budaya. “Masih tetap bersama dengan BPCB DIJ,” katanya.

Untuk Candi Kedulan rencananya akan dijadikan tempat wisata edukasi. Berupa Pusat Studi Vulcano Arkeologi. Karena memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang lain. Yakni sebagai saksi bisu erupsi Merapi berkali-kali.

Pembenahan di zona 3 candi ini menyusul dengan adanya kerja sama antara Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Pemerintah Kabupaten Sleman.

Kerja sama ini disepakati pada akhir 2018 lalu, untuk meningkatkan kunjungan wisata di candi. “Untuk tiket masuk, saat ini beberapa candi sudah berbayar,” ucapnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Ridho Hidayat



Close Ads
Dinas Pariwisata Sleman Genjot Wisata Candi