alexametrics

Pegawai di Palembang Wajib Kenakan Pakaian Adat

19 Januari 2018, 16:24:31 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mulai menerapkan penggunaan baju adat Palembang bagi seluruh pegawai. Tujuannya adalah menonjolkan jati diri atau ciri khas Kota Palembang serta melestarikan kebudayaan leluhur.

Berdasarkan pantauan JawaPos.com, terlihat Aparatur Sipil Negara (ASN) laki-laki mengenakan beragam macam pakaian adat Palembang. Seperti pakaian telok belango dilengkapi tanjak atau kopiah (Peci). Sedangkan ASN perempuan mengenakan baju kurung, kain jupri dan selendang khas Palembang ditambah aksesoris.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Palembang Amiruddin Sandi mengatakan, penggunaan pakaian adat ini sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 3 Tahun 2018. ASN maupun non-ASN di lingkungan Pemkot Palembang wajib menggunakan pakaian adat Kota Palembang. “Jadi bukan hanya di pemkot. Tetapi juga di OPD, BUMN, BUMD serta pegawai swasta lainnya,” kata Amiruddin saat ditemui di Pemkot Palembang, Jumat (19/1).

Pakaian Adat Palembang
Pegawai di Pemkot Palembang mengenakan pakaian adat setiap Jumat. (Alwi Alim/JawaPos.com)

Penggunaan pakaian adat Palembang hanya untuk satu hari dalam seminggu. Yakni, hari Jumat saja. Pemkot Palembang sudah membuat surat edaran kepada seluruh pihak untuk mentaati Perwali Nomor 3 Tahun 2018. Meski begitu, aturan ini masih dalam tahap sosialisasi. Sehingga belum ada sanksi bagi yang melanggar.

“Kami sudah kasih surat edaran. Kami harap pimpinan instansi mengintruksikan kepada pegawainya untuk mengenakan pakaian adat. Termasuk pegawai bandara,” ujarnya.

Penggunaan pakaian adat Palembang sekaligus untuk mengingatkan kembali kejayaan Kerajaan Sriwijaya. “Ini juga upaya untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Palembang,” tutup Amiruddin.

Salah satu masyarakat yang tengah mengurus perizinan, Eko Prasetyo mengaku terkejut melihat ASN yang mengenakan pakaian adat Palembang. Ia tidak menyangka jika hal itu sudah menjadi aturan baru Pemkot Palembang. “Tapi bagus sih, berasa seperti zaman dahulu,” ucap Eko.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (lim/JPC)

Pegawai di Palembang Wajib Kenakan Pakaian Adat