alexametrics

Jual Beli Ikan Hiu di TPI Sungaibuntu

19 Januari 2017, 08:10:48 WIB

JawaPos.com – Ternyata ikan hiu di laut lepas Karawang menjadi sebuah komoditi yang paling digemari. Hampir setiap hari sejumlah nelayan menjual sedikitnya 50 kilogram ikan hiu di tempat pelelangan ikan (TPI).

Egi (32) pedagang dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sungaibuntu, mengatakan, ikan hiu memang bukan sebagai komoditas utama dalam perdagangan di TPI tersebut. “Hanya seminggu tiga kali nelayan di wilayah sini mendapatkan ikan hiu,” ucap Egi, kemarin.

Egi mengaku dapat menampung ikan hiu dari nelayan sebanyak 15 hingga 20 ekor. Dia membeli dari nelayan Rp 25 ribu perkilogramnya. Kemudian, menjualnya kembali dengan harga Rp 40 ribu perkilogram. “Saya bisa menjual ikan hiu seharinya sekitar 50 kilogram,” ujarnya.

Ikan hiu tersebut Egi jual kepada para konsumen yang telah berlangganan kepadanya. “Rata-rata yanng beli ke sini digunakan untuk kebutuhan masakan di restauran,” ujar Egi.

Akan tetapi, dirinya mengakui keberadaan pasokan ikan hiu yang dikirim sejumlah nelayan saat ini sudah mulai berkurang. “Terkadang kalau nggak ada ikannya, ya kita nggak jual sama sekali,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Karawang, Durahim Suarli mengaku belum mengetahui mengenai aktivitas penjualan ikan hiu sejumlah pedagang di TPI. “Kita belum tahu kalau ada yang menjual ikan hiu,” ucapnya.

Durahim menuturkan pihaknya akan melakukan pengecekan kebenaran aktivitan penjualan hiu. “Pemerintah sudah melindungi ikan-ikan hiu. Nanti kita akan mengecek kebenaranya, hiu jenis apa yang mereka perdagangkan. Apakah memang jenis yang dilindungi oleh pemerintah,” ucapnya. (aef/din/yuz/JPG)

Editor : Yusuf Asyari

Saksikan video menarik berikut ini:


Jual Beli Ikan Hiu di TPI Sungaibuntu