alexametrics

Jelang Peresmian, Masih Ada Masjid dan Sekolah di Tol Semarang-Batang

18 Desember 2018, 18:52:41 WIB

JawaPos.com – Uji layak fungsi menyatakan ruas tol Semarang-Batang sudah siap diresmikan. Dan rencananya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12) besok. Kendati demikian, di salah satu ruasnya masih berdiri tegak sebuah sekolah dan masjid.

Bangunan sekolah dan masjid tersebut masih terlihat kokoh berdiri di seksi V ruas tol Semarang-Batang, tepatnya di Jalan Honggowongso No. 7, Ngaliyan. Meski sekolah bernama Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam itu saat ini sudah kehilangan atap dan beberapa daun pintu serta jendela.

Sementara untuk Masjid bernama Baiturrahim yang terletak di samping persis MI Nurul Islam belum terlihat adanya pembongkaran pada sisi-sisinya. Alias masih benar-benar utuh.

Untuk ini, Kepala Proyek Tol Semarang-Batang Seksi I-III, R Beni Dwi Septiadi memastikan jika sepasang bangunan ini nantinya tak akan menggangu operasional tol. Karena letaknya tak seperti Masjid Mustagfirin di Tambakaji RT 1 RW 9, Kecamatan Ngaliyan yang posisinya di tengah jalan tol Batang-Semarang KM 444.

“Masjid (Baiturrahim) dan sekolah yang kalau dari arah Jakarta di kiri jalan itu tidak menghalangi jalan,” kata Beni, Selasa (18/12).

Lebih lanjut, soal peresmian besok, Beni mengatakan jika pengerjaan jalan sudah 100 persen. Sedangkan untuk uji layak fungsi sudah dilangsungkan awal Desember ini.

Dari hasil uji layak itu, tol Semarang-Batang, lanjutnya bisa dinyatakan tak ada kekurangan. “Yang menguji itu dari KemenPUPR, Dishub dan Korlantas. Sampai saat ini sudah siap,” tegasnya.

Sementara menurut informasi yang dihimpun, tol Semarang-Batang ini rencananya bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12). Selain itu juga akan ada dua ruas tol lain yang ikut diresmikan, yakni Pemalang-Batang dan Salatiga-Kartasura.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)



Close Ads
Jelang Peresmian, Masih Ada Masjid dan Sekolah di Tol Semarang-Batang