alexametrics

Kritis, Orang Utan Dievakuasi Warga dari Tengah Hutan

18 Desember 2017, 07:03:21 WIB

JawaPos.com – Seekor orang utan ditemukan warga dalam kondisi kritis di Desa Paya Dua, Ketapang, Aceh pada Jumat (15/12). Orang utan betina yang diprediksi berumur 25 tahun itu dievakuasi ke RSUD Sultan Abdul Aziz Syah, Peureulak, Minggu (17/12).

Direktur Orangutan Information Centre (OIC) Panut Hadisiswoyo menyebut, memang ada penemuan orang utan di Aceh Timur. Penemuan itu berdasarkan informasi dari warga. Kini pihaknya hewan langka tersebut dan tengah berusaha menyelamatkan jiwannya.

“Kronologi yang sebenarnya kami juga belum tahu jelas. Fokus utama kami adalah menyelamatkan jiwa orang utan. Setelah itu selesai kami akan menggali cerita yang sebenarnya bagaimana,” kata Panut seperti yang dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos Group), Senin (18/12).

Kritis, Orang Utan Dievakuasi Warga dari Tengah Hutan
Orang Utan (Ist for BKSDA for Rakyat Kalbar/Jawa Pos Group)

Panut menjelaskan pihaknya telah membawa orangutan ke pusat rehabilitasi orangutan Indonesia di Sibolangit. Sementara kondisi terkini kesehatan orangutan masih dalam keadaan cukup lemas dikarantina.

Kondisinya, tangan kanan mengalami patah dan telah pemasangan softgips untuk immobilisasi lengan. Sementara dari sisi tangan kiri cedera belum bisa dipastikan patah atau dislokasi, dibutuhkan x-ray, kondisi cukup lemah, dengan BB +/- 20 kg.

“Tim turun langsung setelah mendapat informasi tadi malam dan sudah dilakukan penanganan awal sampai kondisi cukup baik untuk pemeriksaan lanjutan,” katanya.

Panut menyebut, sepanjang 2017 terdapat 17 ekor orang utan di Aceh yang berhasil diselamatkan. Sementara untuk kasus yang ini baru satu kasus.

“Kasus Selebihnya yaitu orang utan terisolasi dan dipelihara secara ilegal. Memang Pada 2013 lalu pernah ditemukan juga orang utan yang serupa dengan saat ini tepatnya di daerah Mane. Tapi akhirnya orang utan itu mati karena luka parah,” terang Panut.

Editor : admin

Reporter : (iil/jpg/JPC)

Kritis, Orang Utan Dievakuasi Warga dari Tengah Hutan