alexametrics

Berkas Penipuan CPNS Provinsi Jambi Masuk Kejaksaan

18 Desember 2016, 10:40:00 WIB

JawaPos.com JAMBI – Pengusutan penipuan penerimaan CPNS di Jambi terus berlanjut.  Satu dari enam tersangka kasus sindikat penipuan CPNS di Provinsi Jambi, sudah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Jambi. 

 

Tersangka tersebut berinisial DP yang merupakan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Pol Benedictus Anies Purnawan melalui Kasubdit III Jatanras, AKBP Yoga Yulian, mengungkapkan  bahwa saat ini tersangka sudah diserahkan ke JPU. 

"Pelimpahannya kemarin. Pelimpahan tahap II dilakukan karena berkas sudah dinyatakan lengkap," ujar AKBP Yoga Yulian seperti ditulis Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Minggu (18/12).
Menurutnya, berkas lima tersangka dalam kasus ini juga masih dalam proses. Tidak lama lagi, sambungnya, segera dilakukan pelimpahan tahap II, yakni tersangka dan barang bukti. 

"Yang lainnya menyusul. Sebentar lagi lah," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tersangka yang sudah diamankan, yakni DA, EJ dan ER. Tiga yang merupakan oknum PNS adalah UM, DP dan KH. Mereka dibekuk secara terpisah. Hasil pemeriksaan, komplotan ini sudah beraksi sejak 2012 silam. 

Korbannya diperkirakan mencapai ratusan orang. Satu orang dimintai uang berkisar Rp60 juta hingga Rp150 juta. Total kerugian diperkirakan mencapai Rp8,7 miliar. 

Modusnya dengan menjanjikan tersangka lulus CPNS tanpa tes. Aksinya memalsukan dokumen BKN Pusat, mulai dari SK pengangkatan hingga SK penempatan PNS. (pds/nas/JPG)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:

Berkas  Penipuan CPNS  Provinsi Jambi Masuk Kejaksaan