alexametrics

Pemprov Jatim Siap Berlakukan PPKM Level 3 pada Libur Natal dan Tahun

18 November 2021, 18:34:47 WIB

JawaPos.com–Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan siap dengan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Kebijakan itu akan diterapkan di seluruh Indonesia pada 24 Desember.

”Jatim siap laksanakan kebijakan pemerintah pusat. Sudah disampaikan oleh Pak Luhut (Menteri Koorinator Maritim dan Investasi) bahwa PPKM level 3 akan digelar. Pemerintah daerah harus siap. Kami harus koordinasi sejak awal untuk antisipasi lonjakan aktivitas,” tutur Emil di gedung DPRD Jatim, Kamis (18/11).

Emil mengaku siap menghadapi gejolak masyarakat. Salah satu caranya dengan melakukan sosialisasi lonjakan kasus Covid-19, antisipasi masa libur Natal dan tahun baru.

”Sudah ada pengalaman sebelumnya bahwa liburan panjang riskan. Harapannya masyarakat bisa memahami,” ucap Emil.

Emil meminta masyarakat belajar dari berbagai negara di dunia yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir. ”Jangan berpikir Indonesia nggak bisa (naik),” kata Emil.

Ditanya bagiamana teknis pelaksanaan PPKM level 3, Emil meminta seluruh pihak menunggu pengumuman resmi. Saat ini, dia penggandeng seluruh pihak seperti epidemiolog untuk diskusi.

”Harus belajar dari tahun lalu. Kita meningkat. Terus menurun dengan PPKM,” papar Emil.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan bahwa seluruh daerah di Indonesia wajib melaksanakan PPKM level 3 per 24 Desember. Penumuman itu disampaikan pada Rabu (17/11) malam.

”Selama libur nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM level 3,” tegas Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, kebijakan tersebut dilakukan untuk memperketat pergerakan orang dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 pascalibur nataru. Karena itu, seluruh wilayah di Indonesia baik yang sudah berstatus PPKM level 1 dan 2 akan disamaratakan untuk menerapkan aturan PPKM level 3.

Beberapa aturan yang dijalankan dalam PPKM level 3 di antaranya adalah rumah hiburan umum (RHU) seperti tempat hiburan malam, panti pijat wajib tutup. Hal yang sama terjadi di tempat wisata. Sementara pusat perbelanjaan seperti mal dan supermarket wajib menerapkan kapasitas 25 persen.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads