JawaPos Radar | Iklan Jitu

Dimulai Tahun Depan, Revitalisasi TIM Telan Biaya Rp 1,8 Triliun

18 November 2018, 06:20:59 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Dimulai Tahun Depan, Revitalisasi TIM Telan Biaya Rp 1,8 Triliun
Revitalisasi TIM dimulai tahun depan (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Taman Ismail Marzuki (TIM) yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat saat ini sudah berusia 50 tahun. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun berencana melakukan revitalisasi.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah ditunjuk untuk melakukan revitalisasi yang akan dimulai tahun depan. Rencananya TIM akan dibuat lebih modern dengan mengedepankan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo Hani Sumarno mengatakan, pihaknya telah melihat gedung-gedung bersejarah serupa di beberapa negara sebagai perbandingan. Diperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi mencapai Rp 1,8 triliun.

Dimulai Tahun Depan, Revitalisasi TIM Telan Biaya Rp 1,8 Triliun
Revitalisasi TIM telan anggaran hingga Rp 1,8 triliun (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

"Ada beberapa yang akan direvitalisasi, salah satunya memperluas RTH. Diperkirakan memakan biaya sebesar Rp 1,8 triliun," kata Hani, kepada JawaPos.com, Sabtu (17/11).

Hani menyatakan telah mencari benchmark untuk bandingan revitalisasi TIM. Benchmark yang menjadi rekomendasi Jakpro, kurang lebih akan dibuat seperti bangunan tersebut salah satunya adalah Guggenheim Museum Bilbao, Spanyol, dengan biaya pembangunan Rp 1,5 triliun.

Adapula, Rhile Park Music Theater and Exhibition Hall, Georgia yang memakan biaya 1,5 trilliun. Fantastis, Jakpro pun mengambil benchmark dari King Abdulaziz Center For World Culture, Saudi Arabia yang memakan biaya Rp 7 triliun dan Nanjing Internasional Youth Center, China dengan biaya pembangunan Rp 9,3 triliun.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up