alexametrics

Rusunami DP 0 Rupiah, Gembong: Aset Negara Tak Bisa Jadi Hak Milik

18 Oktober 2018, 15:47:40 WIB

JawaPos.com – Peluncuran Hunian DP 0 Rupiah menjadi kontroversi bagi banyak pihak. Terlebih dikatakan Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) dapat menjadi hak milik ketika penyewa telah menyicil maksimal 20 tahun.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyatakan, kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan hak milik hunian seperti rumah susun kepada penyewa tidak tercantum dalam aturan daerah. Pasalnya, bangunan tersebut merupakan aset Pemerintah Daerah. 

“Ketika bicara aset tidak boleh dialihkan ke pihak lain. Ini persoalannya, apakah mekanisme penyerahan ke pihak ketiga setelah 20 tahun itu bisa dibenarkan oleh perundangan? Itu kan nggak ada. Aturan kami yang namanya aset itu tidak boleh dipindahtangankan kan gitu,” jelas Gembong saat dihubungi, Kamis (18/10).

Rusunami DP 0 Rupiah, Gembong: Aset Negara Tak Bisa Jadi Hak Milik
Infografis Rumah DP 0 Rupiah (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Lebih lanjut, Gembong menyatakan tidak etis jika Anies membiarkan aset Pemda diberikan kepada penyewa Hunian DP 0 Rupiah. Terlebih bangunan tersebut dibangun dengan pembiayaan dari APBD DKI.

“Apakah setelah 20 tahun boleh itu diserahkan kepada warga yang menempati itu bicara aturan hukumnya. Setahu saya itu ngak boleh ketika itu jadi hak milik,” tegasnya.

Menurutnya, dalam pengurusan aset milik Pemda, Anies tidak bisa menjadikan Pergub atau Perda sebagai tameng hukum. Sebab, aset daerah sudah ada aturannya dalam Permendagri atau Undang-undang.

“Soal pengelolaan aset, menurut saya diatur di Permendagri atau undang-undang ya. Kalau nggak salah sih Permendagri jadi tidak melalui Perda atau Pergub,” jelasnya.

Sebelumnya, Anies telah menerbitkan Peraturan Gubernur 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Dengan tujuan mengakomodasi warga berpenghasilan dibawah UMP untuk memiliki Rusunami.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Rusunami DP 0 Rupiah, Gembong: Aset Negara Tak Bisa Jadi Hak Milik