alexametrics

Jatim Level 1, RHU dan Tempat Wisata Boleh Buka dengan Syarat Ini

18 September 2021, 17:40:28 WIB

JawaPos.com–Rumah hiburan umum (RHU) dan tempat wisata di Jawa Timur kemungkinan akan dibuka setelah kondisi Covid-19 dinyatakan masuk level 1 oleh kementerian kesehatan (kemenkes). Bila dibuka, RHU harus mematuhi beberapa syarat.

Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta mengatakan, pihaknya bakal berkomunikasi dengan pemerintah daerah terkait izin tempat hiburan. Nico memastikan akan ada aturan yang harus dipenuhi para pelaku usaha.

”Kami berkomunikasi dengan pemerintah daerah dalam izin yang diberikan. Nanti ada aturan-aturan yang harus diikuti setiap pelaku usaha,” tutur Nico di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (18/9).

Nico belum menjelaskan beberapa aturan yang harus dipatuhi para pelaku usaha. Meski demikian, dia membocorkan salah satu aturan penting. Yakni mematuhi dan menjaga protokol kesehatan (prokes). Selain itu, program vaksinasi masal juga harus terus dilaksanakan.

”Yang paling penting adalah tetap menjaga prokes, kedua vaksinasi harus dilaksanakan semuanya,” jelas Nico.

Aturan lain yang haues dipenuhi adalah KRD yang disiapkan Polda Jatim yakni kegiatan rutin yang ditingkatkan. ”Antisipasi daerah wisata maupun rumah hiburan kami telah mengikuti telegram dari Mabes Polri dengan membentuk satgas KRD yaitu kegiatan rutin yang ditingkatkan,” papar Nico.

Sasaran dari satgas tersebut yaitu tempat-tempat keramaian, tempat wisata, dan tempat untuk timbulnya penyebaran Covid-19.

Nico mengatakan, satgas tersebut bertugas melihat kelalaian masyarakat dalam menerapkan prokes. Apabila ditemukan, pelanggar tersebut bakal mendapat teguran lisan maupun denda.

”Kami menurunkan tim dengan mendatangi tempat-tempat tersebut untuk melihat dan meningkatkan disiplin prokes pada masyarakat,” ucap Nico.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads